Kabar Masuk Sekolah Kapan, Berikut Informasinya Menjelang New Normal

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 16:46 WIB
A Happy Little Asian boy holding pencil while reading on notebook homework with smiling face on wooden table.Back to School concept.
Foto: Thinkstock/Kabar Masuk Sekolah Kapan, Berikut Informasinya Menjelang New Normal
Jakarta -

Sejumlah daerah di Indonesia mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan mulai memberlakukan new normal atau transisi. Masjid, tempat ibadah dan perkantoran sudah mulai buka melakukan aktitifasnya. Namun masih ada satu pertanyaan. Banyak warga menanyakan kabar masuk sekolah kapan?

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, jadwal masuk sekolah pada tahun ajaran baru dimulai tanpa pengunduran jadwal. Rencananya, tahun ajaran baru 2020 untuk siswa-siswi sekolah digelar pada 13 Juli 2020.

"Permulaan tahun ajaran baru Insya Allah tetap. Kegiatan belajarnya untuk sementara tetap di rumah masing-masing," kata Muhadjir pada detikcom.

Kegiatan belajar di rumah dipilih karena pandemi COVID-19 yang masih terjadi di dunia. Sebelumnya Kemendikbud mengatakan, telah merencanakan skenario masuk sekolah untuk yang akan belajar dari rumah dan tatap muka.

"Untuk daerah zona merah, oranye, dan kuning, siswa tetap belajar dari rumah. Hanya sekolah di daerah zona hijau yang boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka, dengan protokol kesehatan yang ketat," kata pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad.

Terkait masuk sekolah kapan untuk daerah zona hijau, Hamid mengatakan harus menunggu pengumuman dari pemerintah. Kegiatan belajar-mengajar dengan tatap muka di sekolah memerlukan instruksi lebih lanjut.

Tiap daerah punya aturan terkait masuk sekolah kapan jelang new normal:

1. Masuk sekolah kapan di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan belajar-mengajar tidak akan dilakukan di sekolah sebelum aman dari pandemi corona. Saat ini Jakarta memasuki masa transisi sambil terus mengevaluasi jumlah kasus COVID-19.

"Belajar-mengajar di sekolah belum dimulai dahulu, tidak akan dimulai sampai kondisinya aman. Jadi, bila kondisi belum dianggap aman, maka kegiatan belajar-mengajar belum dilakukan," kata Anies.

2. Masuk sekolah kapan di Jawa Barat

Sebanyak 15 daerah menerapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) namun sekolah tetap belum boleh dibuka seperti sebelumnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pembukaan sekolah masih terus dibahas supaya jangan sampai ada anak yang terinfeksi COVID-19.

"Saya sampaikan pendidikan belum dibuka, pendidikan masih dibahas. Wacana yang mengemuka sementara nanti Januari, itu yang paling bisa kita perhitungkan. Tapi kalau ada keputusan tidak di Januari nanti kita sampaikan secara khusus, karena kita butuh waktu," kata Kang Emil.

3. Masuk sekolah kapan di Jawa Tengah

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah masih mempersiapkan hal-hal terkait skema masuk sekolah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan pembukaan sekolah belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Belum akan kami buka, kami masih menunggu dari Kementerian, sambil kami terus lakukan persiapan dan latihan-latihan. Skenarionya mungkin menata ruang, menata jam masuk dan pembatasan kapasitas setidaknya separuh. Saya sudah ngobrol ke beberapa guru dan intinya mereka menyiapkan itu semua," kata Ganjar.

4. Masuk sekolah kapan di Jawa Timur

Di Jawa Timur, pelajar SMA dan SMK akan melanjutkan belajar di rumah mulai 2 Juni 2020 hingga semester genap selesai. Sebelumnya, masa belajar di rumah untuk siswa SMA dan SMK berakhir pada 1 Juni 2020.

"Untuk sekolah SMA/SMK tetap akan masuk. Dimulai di semester genap akan dimulai dari 2 Juni, pembelajaran di rumah. Tetap proses belajar mulai 2 Juni, mereka akan memulai proses belajar mengajar," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Simak juga video 'Kapan Sekolah Kembali Beroperasi? Ini Jawaban Kemendikbud':

(row/erd)