Menpan RB: ASN Harus Tegak Lurus Yakini Pancasila sebagai Ideologi Negara

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 14:41 WIB
Tjahjo Kumolo
MenPAN RB Tjahjo Kumolo (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meminta aparatur sipil negara (ASN) taat tegak lurus meyakini Pancasila sebagai ideologi negara. Tjahjo juga meminta agar para ASN mengamalkan Pancasila dalam pengambilan keputusan.

"Kemenpan RB sengaja menyelenggarakan ini karena agar seluruh bangsa Indonesia, khususnya aparatur sipil negara harus taat harus tegak lurus harus meyakini ideologi negara, yaitu Pancasila, yang setiap pengambilan keputusan sehari-hari dari seluruh ASN harus menggambarkan implementasi dari nilai-nilai yang ada dalam Pancasila," kata Tjahjo saat membuka diskusi daring memperingati hari lahir Pancasila, Senin (8/6/2020).

Acara diskusi itu turut diikuti oleh Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, peneliti LIPI Prof Asvi Warman Adam secara telekonferensi. Tjahjo menyebut peringatan hari kelahiran Pancasila ini telah lama dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.

"Rangkaian peringatan kelahiran Pancasila juga dalam rangka bulan Bung Karno telah dilakukan sejak tahun 2010 oleh berbagai lembaga instansi, organisasi, partai politik dan seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke, dan untuk tahun 2020 ini di tengah-tengah dalam tataran kehidupan baru karena pandemi COVID kita lakukan melalui teleconference, webinar, dan penggunaan media-media sosial yang ada," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2