Survei Indikator: 56,4% Responden Puas Penanganan COVID oleh Pusat

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 14:27 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Lembaga survei politik Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasional terkait tingkat kepuasan warga terhadap penanganan virus Corona (COVID-19) pemerintah pusat. Hasilnya, mayoritas responden merasa puas.

Dilihat detikcom, Senin (8/6/2020), survei dilakukan pada 16-18 Mei 2020. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018-Maret 2020.

Survei dilakukan melalui wawancara via sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pertanyaan yang diajukan dalam wawancara adalah 'Apakah Ibu/Bapak tahu atau mengikuti berita tentang wabah virus corona/COVID-19 dari China/Tiongkok?' dan 'Jika tahu, seberapa puas Ibu/Bapak dengan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah pusat dalam mencegah penyebaran virus corona/COVID-19 di Indonesia?'.

Tonton juga video 'Jokowi Minta Pelacakan Corona Lebih Agresif dengan Teknologi, Contoh Selandia Baru':