Operasi Ketupat Berakhir, Kakorlantas: Tak Ada Anggota Kena Corona di Lapangan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 12:20 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono
Kakorlantas Polri Irjen Istiono (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Operasi Ketupat Tahun 2020 telah dilakukan selama masa pandemi virus Corona baru (COVID-19). Kakorlantas Polri Irjen Istiono mengatakan tidak ada anggotanya yang terkena COVID-19 di lapangan selama pelaksanaan Operasi Ketupat.

"Alhamdulillah. Kita di lapangan juga nggak ada yang kena COVID-19 di lapangan, semua sehat. Alhamdulilah ini," kata Istiono di NTMC Polri, Jalan MT Haryono, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (8/6/2020).

Istiono juga mengatakan beberapa perbedaan Operasi Ketupat yang dilakukan tahun ini dan tahun sebelumnya. Menurutnya, operasi tahun ini fokus menghambat arus lalu lintas, bukan memperlancar arus seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau tahun lalu operasi ini memperlancar arus, kalau sekarang kan menghambat arus. Konsep-konsep cara bertindak di lapangan juga sangat berbeda sekali," ujar Istiono.

Lebih lanjut, Istiono menambahkan cara kerja yang dilakukan dalam Operasi Ketupat tahun ini pun berbeda dengan tahun lalu. Menurutnya, tidak ada waktu istirahat bagi anggotanya di lapangan karena lalu lintas di kawasan penyekatan harus dipantau selama 24 jam.

"Kalau dulu mungkin arus pada jam-jam tertentu kadang bisa landai, bisa istirahat. Ini nggak bisa. Nyekat ini bisa 24 jam penuh. Kita harus bergantian untuk selalu di tempat pos penyekatan itu dan check point," ucap Istiono.

Selanjutnya
Halaman
1 2