ADVERTISEMENT

Apa Itu Zuhud? Ini Maknanya dan Keutamaannya

Puti Yasmin - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 05:00 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev/Apa Itu Zuhud? Ini Maknanya dan Keutamaannya
Jakarta -

Zuhud merupakan salah satu akhlak dan sifat yang disukai oleh Allah SWT. Sifat tersebut juga diteladani oleh Nabi Sulaiman dan juga Nabi Muhammad SAW. Seperti apa penjelasannya?

Dikutip dari buku Tasawuf Sosial KH MA Sahal Mahfudh karya DR Jamal Ma'mur Asmani, Nabi Sulaiman dan Nabi Muhammad SAW pernah melakukan kebaikan zuhud, yakni memberi makan makanan lezat kepada orang lain sedangkan keduanya hanya makan roti dan gandum.

Berikut pengertian zuhud:

1. Pengertian

Hakikat zuhud adalah mengalihkan kesenangan dari sesuatu kepada sesuatu yang lebih baik. Sedangkan, praktisnya zuhud adalah hilangnya hubungan hati dengan harta dan tidak harus kehilangan harta.

Imam Junaidi berkata, zuhud adalah menganggap kecil dunia dan menghapus pengaruhnya di hati. Kemudian, Imam Abu Sulaiman Ad-Darani mengatakan zuhud adalah meninggalkan segala sesuatu yang menyibukkan seseorang dari Allah.

Sedangkan, dijelaskan oleh Imam Sufyan Ats-Tsauri, zuhud dunia adalah terbatasnya angan-angan. Terakhir, dalam hadist dijelaskan zuhud di dunia adalah kesenangan hati dan badan di mana mencintai dunia memperpanjang kesusahan.

2. Keutamaan

Keutamaan zuhud adalah memiliki posisi paling utama setelah bertakwa kepada Allah SWT. Pasalnya, zuhud menjadikan seseorang mencintai Allah dengan segenap hatinya.

Dalam hadist riwayat Ibn Majah, Rasulullah SAW bersabda, "Zuhudiah apa yang ada di sisi manusia, maka Allah akan mencintaimu, dan zuhudiah apa yang ada di sisi manusia, maka manusia akan mencintaimu."

Adapun, tanda sifat zuhud pada manusia adalah tidak adanya rasa tamak pada harta orang lain dan justru suka memberi kepada orang lain. Hal ini pun bisa menjadi faktor keselamatan diri sebab dituliskan oleh Jamal Ma'mur orang yang tidak zuhud dunia ibarat orang yang mabuk atau tenggelam yang tidak mengetahui jalan karena lahir dan batinnya sibuk mencari dunia.

Semoga kita semua dapat memiliki sifat zuhud dan mengerti artinya ya!

(pay/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT