Istana Maimun Medan Kembali Dibuka, Protokol COVID-19 Diterapkan

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 07 Jun 2020 14:53 WIB
Pengunjung Istana Maimun, Medan, diperiksa suhu tubuh demi memutus mata rantai COVID-19
Foto: Datuk/detikcom
Medan -

Destinasi wisata Istana Maimun, Medan, Sumatera Utara, kembali dibuka untuk publik setelah sempat ditutup pada Maret lalu akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Para pengunjung pun mulai berdatangan.

Pantauan detikcom pada Minggu (7/6) siang, tampak sejumlah pengunjung berdatangan ke Istana Maimun, yang berada di Jalan Brigjen Katamso, Medan.

Pengunjung diharuskan mencuci tangan sebelum masuk ke Istana Maimun. Selain itu, pengunjung dicek suhu tubuh dan diminta memakai masker.

Salah satu pengunjung, Ajai, warga Tembung, mengatakan dirinya datang ke Istana Maimun untuk berswafoto. Dia datang bersama teman-temannya.

"Baru ke sini. Foto-foto ambil suasana dalam aja. Ya, saya tetap cuci tangan. Pakai masker dan juga dicek suhu," kata Ajai kepada detikcom.

Sementara itu, pemandu wisata Istana Maimun, Tengku Moharsyah, mengatakan hari ini merupakan hari pertama dibukanya kembali destinasi wisata Istana Maimun sejak ditutup pada 18 Maret lalu.

"Hari ini, awal Istana Maimun dibuka kembali kepada publik sebagai destinasi objek wisata," sebut Moharsyah.

Pengunjung Istana Maimun, Medan, diperiksa suhu tubuh demi memutus mata rantai COVID-19Pengunjung Istana Maimun, Medan, diperiksa suhu tubuh demi memutus mata rantai COVID-19. (Datuk/detikcom)

Dia menjelaskan kunjungan tamu ke Istana Maimun saat ini berbeda dengan biasanya. Ada protokol kesehatan yang harus diikuti dan dipatuhi. Hal ini bertujuan memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Istana Maimun dibuka seperti biasa mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Para pengunjung yang datang, sejak tiba di parkiran, mulai disosialisasi oleh petugas parkir bahwasanya menuju tangga utama harus mencuci tangan, cek suhu tubuh, pakai masker, dan jaga jarak," ujar Mohar.

Mohar menyebutkan bangunan yang dikunjungi pun tidak seperti biasa. Di dalam bangunan, pengunjung harus jaga jarak.

Pengunjung di dalam Istana Maimun dibatasi 50 orang. Jadi, pengelola Istana Maimun menerapkan aturan pembatasan waktu bagi pengunjung.

"Kapasitas ruangannya yang bisa jaga jarak 50 orang dengan masa kunjungan 30 menit. Jadi secara bergantian," ujar Mohar.

Pihaknya akan mengevaluasi tahap demi tahap ke depannya. "Tahap demi tahap kita evaluasi," sebut Mohar.

Mohar mengatakan sejauh ini sudah ada sekitar 80 pengunjung yang datang ke Istana Maimun.

(isa/isa)