Tes Mandiri untuk Syarat Penerbangan, Karyawan Migas Positif COVID-19

Suriyatman - detikNews
Minggu, 07 Jun 2020 00:32 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Penambahan kasus terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) terjadi di Kutai Kartanegara. Salah satu kasus diketahui seorang pegawai perusahaan migas di Samboja Kutai Kartanegara.

"Penambahan kasus yang terkonfirmasi positif adalah KK-51, jenis kelamin laki-laki berusia 34 tahun. Yang bersangkutan merupakan karyawan salah satu perusahaan migas, dan berdomisili di Kecamatan Samboja," kata Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara Martina Yulianti, kepada wartawan melalui aplikasi Zoom, Sabtu (6/6/2020) malam.



KK-51 lanjutnya diketahui terkonfirmasi positif, setelah melakukan pemeriksaan PCR mandiri untuk persyaratan penerbangan pada Jumat (5/6/2020) kemarin.

Saat dilakukan pemeriksaan, yang bersangkutan disebut tidak memiliki keluhan. Kini ia sedang menjalani masa isolasi, di RS Pertamina Balikpapan.

"Yang bersangkutan berdomisili di mess perusahaan tersebut, yaitu di Kecamatan Samboja, jadi dicatatkan sebagai kasus terkonfirmasi positif untuk Kutai Kartanegara," kata Yuli.

Sebelumnya yang bersangkutan sengaja memeriksakan swab, karena akan digunakan sebagai syarat untuk bisa mendapatkan tiket pesawat tujuan Bali.



Untuk mencegah penyebaranya, saat ini Gugus Tugas sudah melakukan tracing kontak erat yang bersangkutan baik di Balikpapan maupun di Samboja. Namun hasil pengecekan tersebut belum keluar.

"Sudah dilakukan tracing kontak erat pada yang bersangkutan di tempat kerjanya saja. Karena yang bersangkutan tidak kemana-kemana, hasilnya belum keluar," kata Yuli.

Penambahan satu kasus positif baru membuat kasus terkonfirmasi Covid 19 di Kukar adalah 51 orang, 10 orang dirawat, 41 sembuh.

(dwia/dwia)