Dua Sungai Di Luwu Meluap, Empat Kecamatan Terendam Banjir

Muhammad Riyas - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 23:18 WIB
Dua Sungai di Luwu Meluap, Empat Kecamatan Terendam Banjir
Foto: Muhammad Riyas-detikcom
Jakarta -

Hujan deras mengguyur wilayah kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan sejak Jumat (5/6). Akibatnya, dua sungai di wilayah tersebut meluap.

"Banjir ini akibat curah hujan yang tinggi sejak Jumat kemarin, dan dilanjutkan kembali Sabtu (6/6/2020) mulai pukul 03.00 WITA dini hari tadi. Berselang satu jam, air mulai meluap hingga ke pemukiman warga dan jalan trans Sulawesi, akibatnya aktivitas warga lumpuh akibat genangan air di mana-mana," ujar Kepala BPBD Kabupaten Luwu, Rahman Mandaria, Sabtu (6/6/2020).



Disebutkan dua sungai yang meluap yaitu, Sungai Suli dan sungai Larompong. Akibatnya 4 kecamatan terendam banjir, ketinggian air diperkirakan 50 sentimeter hingga 1 meter dan menggenangi pemukiman warga, sawah, perkebunan, tempat ibadah, sekolah hingga fasilitas umum lainnya.

4 kecamatan yang terendam banjir yakni, kecamatan Larompong ada 5 wilayah, kecamatan Larompong Selatan ada 2 wilayah, Kecamatan Suli 2 wilayah dan Kecamatan Suli Barat 2 wilayah.



Rahman mengatakan saat ini, tim gabungan tengah melakukan evakuasi warga yang terdampak. Tidak hanya itu, dia juga menyebut pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah.

"Tim sedang di lapangan dan mengevakuasi warga yang terdampak, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Luwu dan Provinsi Sulawesi Selatan," tutup Rahman.

(dwia/dwia)