2,4 Juta KK di DKI Terdampak Corona, Anies Singgung Masalah Keadilan Sosial

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 18:58 WIB
Menggunakan masker, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota, Jakarta di hari pertama masa PSBB transisi, Jumat (5/6).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada 2,4 juta keluarga di Ibu Kota yang terdampak virus Corona (COVID-19) secara ekonomi. Anies menyoroti masalah keadilan sosial.

"Saya ingin menceritakan pengalaman di Jakarta. Ada 3,6 juta keluarga di Jakarta. Ketika semua berada di rumah, ternyata ada 2,4 juta keluarga tidak bisa menjalani kehidupan normal jika tidak dibantu negara," kata Anies ketika menjadi pembicara di silahturahmi daring Jaringan Alumni Timur Tengah (JATTI), Sabtu (6/6/2020).

Tonton juga 'Alasan Anies Tak Pakai Istilah New Normal di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]


Anies mengatakan hal tersebut menjadi salah satu bukti bahwa pembangunan yang selama ini terjadi di Indonesia nyatanya belum bisa dirasakan manfaatnya untuk semua orang. Dia melanjutkan hal itu juga menjadi indikasi terkait persoalan keadilan yang belum merata di masyarakat.

"Artinya apa? Artinya selama ini berdekade-dekade pembangunan yang kita jalani belum memberikan manfaat bagi semua. Indikasinya sederhana, ketika harus berada di rumah selama dua bulan tapi tidak bisa survive," sebut Anies.

"Seharusnya, ketika kita bicara di rumah saja, seharusnya jalan dua bulan kita bisa lewati sama-sama. Tapi ternyata tidak, dan itu kita alami di Jakarta. Ada masalah keadilan yang amat serius. Dan republik ini didirikan karena ingin menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," sambung dia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2