Rob di Kompleks Pantai Mutiara Makin Tinggi, Diduga Akibat Tanggul Jebol

Jehan Nurhakim - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 18:42 WIB
Banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara (Jehan Nurhakim/detikcom)
Banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara, Jakarta Utara, makin tinggi. Diduga banjir rob terjadi karena ada tanggul yang jebol.

Pantauan detikcom, tanggul jebol tersebut ada di Kompleks Pantai Mutiara, Blok A. Tampak ada belasan orang sedang menyusun karung berisi pasir untuk menangani tanggul yang jebol tersebut.

Selain itu, tampak pula ada backhoe di titik tanggul jebol tersebut. Pada siang tadi, alat berat tersebut dipakai untuk mengeruk pasir di sekitar tanggul jebol. Namun, pada sore hari, backhoe tersebut tampak tidak dioperasikan.

Banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara (Jehan Nurhakim/detikcom)Arus di dekat titik tanggul jebol di Kompleks Pantai Mutiara cukup deras (Jehan Nurhakim/detikcom)

Titik tanggul jebol tersebut tidak dapat didekati karena arusnya cukup deras. Petugas yang ada di lokasi pun melarang siapa saja mendekati titik tersebut.

Sekitar pukul 18.00 WIB, tinggi air di dalam kompleks bervariasi. Ada yang tingginya 70-80 cm, ada juga yang mencapai 100 cm.

Banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara (Jehan Nurhakim/detikcom)Warga Kompleks Pantai Mutiara mengevakuasi barang-barang (Jehan Nurhakim/detikcom)

Salah seorang warga, Yusud, membenarkan banjir terjadi karena tanggul jebol. Dia mengatakan peristiwa ini bukan terjadi yang pertama kali.

"Keluarnya air hanya satu titik, di pojokan pintu keluar belakang, cuma karena besarnya banjir air rob, akhirnya si tanggul yang di bawahnya jebol, nggak kuat nahan rob itu," kata Yusud saat ditemui di lokasi.

(jbr/jbr)