2 Prajurit TNI Beri THR ke Warga Flores, Ketua MPR: Ini Pancasila!

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 17:55 WIB
Bambang Soesatyo
Foto: MPR
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji aksi dua prajurit TNI Serka Mohammad Sangidun dan Kopda Damianus Lukahera yang menyisihkan uang THR serta tabungan pribadi mereka untuk membagikan sembako kepada masyarakat pesisir Flores Timur yang terdampak pandemi COVID-19.

Menurut Bamsoet aksi tersebut patut dicontoh karena lekat sekali dengan wasiat Presiden Soekarno dalam Pancasila yang memberikan semangat kebersamaan dan juga gotong royong.

"Semangat kebersamaan dan gotong royong sebagaimana diwasiatkan oleh Presiden Soekarno pada hakikatnya adalah saripati dan implementasi dan perwujudan Pancasila dalam bentuk yang nyata. Dan ini sudah ditunjukkan oleh kedua prajurit TNI. Inilah Pancasila, bukan sekadar kata, tapi sebuah sikap dan tindakan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (6//6/2020).

Bamsoet menyebutkan sikap dan tindakan kedua prajurit TNI di masa pandemi COVID-19 ini telah memberi keteladanan dan sudah sepatutnya menjadi contoh.

"Mungkin secara materi apa yang kedua prajurit TNI lakukan dan sumbangkan tidak banyak, tapi telah memberikan makna dan keteladanan yang begitu lekat di hati kita semua. Apa yang dilakukan merupakan sesuatu yang sangat menyentuh hati kita dan sudah sepatutnya kita mencontoh kepada dua prajurit TNI ini. Ini telah menunjukkan aktualitas Sapta Marga prajurit TNI walaupun di masa yang sulit masa pandemi ini," jelasnya

Bamsoet menambahkan apa yang dilakukan kedua prajurit TNI itu merupakan esensi nilai-nilai kebangsaan yang selama ini disuarakan MPR melalui berbagai program sosialisasi Empat Pilar.

"Hal inilah yang melandasi Pimpinan MPR memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada kedua prajurit TNI ini atas sikap keteladannnya. Dan kita berharap apa yang dilakukan kedua prajurit itu juga diikuti oleh kesatuan-kesatuan lainnya yang mengabdi kepada bangsa dan negara ini," tuturnya.

Pimpinan MPR, lanjut Bamsoet, juga mengapresiasi kepemimpinan Panglima TNI dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang telah berhasil membina prajurit yang bermental patriot sejati seperti dua prajurit TNI ini.

"Harapan kita TNI akan semakin banyak melahirkan prajurit-prajurit yang manusiawi, yang friendly kepada masyarakat seperti yang ditunjukkan oleh Muhammad Sangidun dan Damianus Lukahera," ungkapnya.

Serda Muhammad Sangidun adalah Komandan Pos Pengamat (Posmat) TNI AL di Larantuka Flores Timur yang berada di bawah Komando Lanal Maumere di jajaran Koarmada II. Kopda Damianus adalah personel Posmat. Keduanya membagikan sembako kepada masyarakat di Desa Pesisir Flores Timur yang bertempat di TPI Kabupaten Flores Timur.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Serda Sangidun dan Kopda Damianus adalah contoh dari sekian banyak prajurit TNI di seluruh penjuru negeri dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas sampai Pulau Rote yang senantiasa menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Sapta Marga, sumpah prajurit, dan delapan wajib TNI.

"Dalam delapan wajib TNI, kewajiban yang kedelapan menyebutkan bahwa prajurit TNI menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Ini sudah mendarah daging. Maka menjadi tanggung jawab prajurit TNI melihat kesulitan masyarakat sekitar akibat pandemi COVID-19. Kedua prajurit TNI secara sukarela membantu masyarakat di sekitarnya," kata Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI mengungkapkan selain Serda Sangidun dan Kopda Damianus, masih banyak prajurit TNI yang memiliki hati yang sama dengan kedua prajurit tersebut. Dalam kesempatan itu Panglima TNI mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pimpinan MPR dan seluruh anggota MPR kepada prajurit TNI.

"Saya yakin penghargaan dari MPR RI ini akan menjadi penyemangat bagi kami untuk berbuat lebih baik lagi," pungkasnya.

(mul/mpr)