Rencana Nikah Tak Disetujui Keluarga, Pemuda di Palopo Nekat Gantung Diri

Muhammad Riyas - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 12:34 WIB
Ilustrasi Gantung Diri
Ilustrasi gantung diri (Mindra Purnomo/detikcom)
Palopo -

Pemuda di Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial IR (26) terbujur kaku dengan lilitan tali rafia di lehernya. IR ditemukan tewas tergantung di dalam kamarnya.

"Saat pintu kamar terbuka, saya melihat tali rafia melilit leher adik saya," kata kakak korban, Baso, kepada wartawan, Sabtu (6/6/2020).

Peristiwa itu terjadi di rumahnya, Kelurahan Peta, Kecamatan Sendana, Jumat (5/6). Baso saat itu memanggil-manggil korban yang sedang berada di dalam kamar.

Namun, karena tak kunjung ada jawaban, Baso membuka paksa pintu kamar IR bersama adiknya, FD (15).

Kapolres Palopo AKBP Alfian Nurnas, saat dimintai konfirmasi, mengatakan, dari keterangan saksi, korban nekat mengakhiri hidupnya karena ingin menikah. Namun keinginan korban tidak disetujui oleh keluarganya.

"Kami sudah menurunkan tim identifikasi dan memeriksa saksi. Dugaan motifnya korban mau menikah tapi tidak disetujui," jelas Alfian.

Alfian menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pihaknya mengamankan tiga utas tali yang digunakan korban untuk gantung diri. Tali itu disimpul mati di plafon rumah.

"Kami hanya mengamankan tiga utas tali rafia yang digunakan untuk gantung diri," ucap dia.

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi kepada siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda pembaca yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

Tonton juga 'Mahasiswi di Makassar Tewas Gantung Diri di Tempat Kos':

[Gambas:Video 20detik]

(aud/aud)