Round-Up

Fakta di Balik Viral Ibu Curi 3 Tandan Sawit Memelas Tak Punya Beras

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 06:42 WIB
Pengadilan Negeri (PN) Pasirpangaraian di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, memvonis bersalah ibu rumah tangga inisial RMS (37) karena mencuri tiga tandan buah sawit. RMS dikenakan pidana penjara selama 7 hari.
Foto: Ibu yang curi 3 tandan sawit di Rohul minta maaf (20detik)
Rokan Hulu -

Seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, berinisial RMS (37) divonis bersalah lantaran mencuri tiga tandan buah sawit. Terdakwa sebelumnya beralasan nekat mencuri lantaran memerlukan uang untuk membeli beras.

"Dia jatuhi pidana penjara karena terbukti melakukan tindak pidana pencurian ringan (Tipiring) dengan pidana penjara selama 7 hari. Dengan ketentuan pidana tersebut tidak perlu dijalani dalam masa percobaan selama dua bulan," kata Asisten Intelijen Kejati Riau, Budi Raharjo kepada wartawan, Rabu (3/6/2020).

Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Pasirpangaraian. Budi menjelaskan si ibu juga menanggung beban perkara Rp 2 ribu.

Dalam perkara ini, lanjut Budi, antara lain tiga tandan buah sawit dikembalikan ke PTPN V senilai sekitar Rp 76.500. Barang bukti lainnya yaitu egrek alat yang digunakan untuk mengambil sawit yang dikembalikan kepada terdakwa.

Selama masa percobaan dua bulan, sambung Budi, bila terdakwa terlibat tindak pidana maka putusan bisa diterapkan. Proses persidangan cepat tanpa melibatkan kejaksaan.

"Dalam skema APC (proses pengadilan cepat Tipiring), kepolisian tidak melibatkan jaksa dalam pelimpahan berkas ke pengadilan setempat. Jadi penyidik langsung melimpahkan berkas perkara ke pengadilan untuk langsung di sidang. Jaksa hanya menerima dan melakukan putusan hakim," jelas Budi.

Tonton juga 'Ibu yang Curi 3 Tandan Sawit di Rohul Minta Maaf':

[Gambas:Video 20detik]

Berikut fakta-fakta terkait kasus ini:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4