Round-Up

Miris Jenazah PDP Corona Jatuh Saat Dikuburkan karena Faktor Petugas Kelelahan

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 20:47 WIB
Poster
Ilustrasi pemakaman jenazah korban Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Sumsel -

Video proses pemakaman pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona (COVID-19) di Panukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan (Sumsel), viral. Dalam video itu, terlihat jenazah jatuh dari dalam peti. Begini duduk perkaranya.

Dilihat detikcom, pada Jumat (5/6/2020), tampak ada sejumlah orang dengan APD lengkap sedang berada di kuburan. Terlihat ada peti jenazah yang hendak dimasukkan ke liang kubur.

Saat peti berisi jenazah pasien S (57) hendak diturunkan, tiba-tiba terlihat tali penahan lepas. Peti kemudian terjatuh hingga penutupnya terbuka.

Terlihat jenazah yang telah diproses sesuai dengan protokol COVID-19 terjatuh dari peti. Dalam video berdurasi 2 menit 53 detik itu juga tampak ada petugas yang turun untuk mengembalikan jenazah ke peti.

"Kurang ajar ini. Kalau nggak bisa, jangan sok-sok bisa. Tidak usah pakai tim medis, Pak, kalau tidak bisa," teriak salah seorang wanita dengan bahasa daerah ketika peti terjatuh. Di antara teriakan tersebut, terdengar juga ada suara orang-orang menangis.

Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 PALI Junaidi Anuar membenarkan insiden itu. Menurutnya, insiden terjadi pada 22 Mei 2020.

"Pasien sudah ditetapkan sebagai PDP (COVID-19). Kejadian tanggal 22 Mei 2020," ujar Junaidi.

Berikut duduk perkara jenazah PDP jatuh dari peti di Sumsel:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4