Kabakamla: Kapal Ikan Vietnam Sudah Beroperasi Lagi di Laut Natuna

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 19:18 WIB
Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia (Andhika Prasetia/detikcom)

Selain kapal Vietnam, menurut Aan, kapal-kapal milik China juga kembali memasuki perairan Natuna. Dia juga menyebutkan pada bulan lalu, China telah menentukan dua distrik baru dan menamakan 80 fitur di Laut China Selatan.

"Permasalahan berikutnya China sekarang kapalnya sudah hadir di sana (perairan Natuna). Selain kapal induknya yang baru, kemudian ada kapal-kapal destroyer-nya, lalu ada kapal cost guard-nya, kemudian ada kapal-kapal ikannya. Yang menarik kapal ikan China ini diawasi oleh China Maratime Militia (CMM) di dalamnya, atau kalau di kita seperti anggota wajib militernya," terang Aan.

Aan menjelaskan langkah China tersebut harus diwaspadai. Dia mengatakan kebijakan China tersebut bisa membuat mereka menarik wilayah teritorinya lebih masuk lagi ke wilayah Indonesia atau negara tetangga lainnya.

"Jadi, bulan lalu mereka juga telah menentukan dua distrik baru di Laut China Selatan. Kemudian dia juga sudah menamakan 80 fitur di Laut China Selatan. Yang kita takutkan, kalau sudah dilakukan seperti itu, mereka bisa menarik teritorinya lebih overlap lagi ke wilayah negara kita atau negara tetangga lainnya," pungkas Aan.

Halaman

(zak/zak)