Zulhas Minta Pengurus Masjid Jaga Disiplin Jemaah di New Normal

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 15:20 WIB
Calon ketua umum petahana PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato politik di acara konsolidasi DPD-DPW PAN se-Indonesia yang berlangsung di Hotel Mercure, Makassar.
Zulkifli Hasan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengimbau agar masjid-masjid mulai dibuka untuk salat berjemaah. Hal itu tentu dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Saya mengimbau agar masjid diperbolehkan untuk dibuka dan mulai melaksanakan salat berjemaah. Tentu dengan menerapkan prosedur COVID-19 seperti physical distancing dan menggunakan masker," kata Zulkifli di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020).

Zulkifli mengatakan pembukaan salat jemaah di masjid bisa dimaknai dengan berjalannya tatanan kehidupan baru atau new normal. Dia menyebut pengurus masjid bisa berperan untuk mengatur jalannya prosedur salat berjemaah.

"Tentu new normal harus dimaknai juga penerapannya dalam melaksanakan salat berjemaah bagi umat Islam. Pengurus masjid bisa berperan untuk menjaga disiplin jemaah agar mengikuti semua prosedur new normal," kata Zulkifli

Zulkifli mengatakan pelaksanaan new normal di tempat ibadah sejalan dengan sila pertama Pancasila. Dia menyebut bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius yang mendahulukan penguatan spiritual.

"Mendahulukan new normal untuk rumah ibadah ini sejalan dengan sila pertama Pancasila, Ketuhanan yang Maha Esa. Kita adalah bangsa yang religius dan karena itu yang harus didahulukan adalah penguatan jiwa dan spiritualnya," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2