JK: Salat Jumat di Masjid Al Azhar Tertib, Tak Ada yang Rapat-Pakai Masker

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 14:25 WIB
JK dan Sejumlah Tokoh di Masjid Al Azhar Jaksel
JK (di tengah) dan Sejumlah Tokoh di Masjid Al Azhar Jaksel (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyebut salat Jumat perdana yang dilaksanakan hari ini berjalan tertib. Menurut JK, saat ini warga sudah patuh melaksanakan protokol kesehatan.

"Sudah tertib. Tidak ada yang rapat-rapat kan, pakai masker semua, karena kalau tidak ada masker itu pengurus masjid itu tidak boleh masuk, jadi aman. Di mal kan nggak bisa begini, semua masjid aman," kata JK setelah melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (5/6/2020). JK menjawab pertanyaan perihal catatan usai melaksanakan salat Jumat.

JK mengucapkan syukur karena bisa melaksanakan salat Jumat setelah hampir 3 bulan tidak melaksanakan karena pandemi Corona. JK menyebut pelaksanaan salat Jumat perdana ini sebagai wujud rahmat yang diberikan Allah SWT.

"Alhamdulillah setelah kita 12 Jumat tidak Jumat, ini hampir 3 bulan, dan ini luar biasa rahmat bahwa kembali ke masjid dan sebagainya dan doa yang mustajab diijabah oleh Allah SWT di masjid ini," kata Wapres ke-10 dan ke-12 ini.

Selain JK, beberapa pejabat melaksanakan salat Jumat hari ini, seperti Presiden Jokowi di Masjid Baiturrahim Kompleks Istana Kepresidenan dan Gubernur DKI Jakarta di Masjid Fatahillah Balai Kota DKI Jakarta. JK berharap setiap masjid konsisten melaksanakan protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19).

"Harapan kita dilaksanakan dengan tertib, jarak minimum satu meter, tertib untuk pakai masker, tertib untuk masuk keluar masjid," kata JK.

(zap/dkp)