Terjadi Lagi, Warga di Makassar Bawa Kabur Jenazah PDP Corona Dari RS

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 11:30 WIB
Foto jenazah PDP Corona di Makassar dibawa kabur keluarga dari Rumah Sakit Labuang Baji (Tangkapan Layar Video).
Foto: Foto jenazah PDP Corona di Makassar dibawa kabur keluarga dari Rumah Sakit Labuang Baji (Tangkapan Layar Video).
Makassar -

Jenazah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona (COVID-19) dibawa kabur oleh warga dari rumah sakit kembali terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kali ini petugas RSUD Labuang Baji, Makassar tidak dapat berbuat banyak saat sekelompok warga menjemput jenazah keluarganya yang meninggal dalam status PDP Corona.

"Kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi menghadapi massa yang emosi, keselamatan kita terancam, sementara petugas keamanan juga jumlahnya sedikit, hanya ada anggota Polsek dan Koramil Mamajang," ujar Direktur RSUD Labuang Baji, Dr. Andi Mappatoba saat dimintai konfirmasi di Makassar, Jumat (5/6/2020).

Diketahui, PDP Corona tersebut meninggal dunia di RSUD Labuang Baji pada Jumat (5/6) pagi tadi. Pasien laki-laki usia 49 tahun itu sebelumnya menjalani perawatan selama 2 hari di RSUD Labuang Baji.

"Saat pasien meninggal pada pukul 9.15 Wita, kami langsung laporkan ke tim Gugus Tugas Provinsi pukul 9.20 Wita, lalu setelah itu, sekitar pukul 9.50 Wita, massa tiba-tiba datang menyerbu dan mengambil paksa jenazah, sebelum petugas Tim Gugus datang," katanya.

Jumlah warga yang lebih banyak dari jumlah petugas keamanan membuat warga berhasil membawa pergi jenazah warga Jalan Rajawali, Makassar ini tanpa proses pemulasaran jenazah sesuai protokol penanganan COVID-19.

Terkait insiden ini, Mappatoba berharap kesadaran warga agar kejadian serupa tidak terulang di tiap rumah sakit yang menangani pasien COVID-19. Pihaknya juga telah memberi pemahaman pada keluarga pasien.

"Tugas kita hanya mengobati pasien, kalau keselamatan kita terancam, ya harus bagaimana lagi," imbuh Mappatoba.

Kasus warga membawa kabut jenazah PDP Corona dari rumah sakit di Makassar bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya warga juga sempat membawa kabur jenazah PDP Corona dari RS Dadi, Makassar.

Bahkan video jenazah PDP Corona di RS Dadi, Makassar, yang dibawa kabur keluarga tersebut membuat kehebohan di media sosial. Keluarga menjemput jenazah dengan membawa senjata tajam.

Simak video 'Terekam CCTV! Keluarga Bawa Kabur Jenazah PDP Corona di Makassar':

(nvl/nvl)