Jelang Salat Jumat, Masjid Al Azhar Jaksel Disemprot Disinfektan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 10:54 WIB
Penyemprotan Disinfektan Jelang Salat Jumat di Masjid Al Azhar
Foto: Penyemprotan Disinfektan Jelang Salat Jumat di Masjid Al Azhar (Foto: Wilda/detikcom)
Jakarta -

Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, akan menggelar salat Jumat perdana di masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, hari ini. Segala persiapan protokol kesehatan pun dilakukan menjelang ibadah salat Jumat kali ini.

Pantauan detikcom, Jumat (5/6/2020) pukul 10.15 WIB petugas yang berjumlah dua orang mulai menyemprot disinfektan ke dalam area masjid. Penyemprotan dilakukan mulai dari langit-langit masjid sampai area mimbar untuk khatib.

Petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh pekarangan masjid. Tak ketinggalan, tempat area wudu juga ikut disemprotkan.

Protokol kesehatan lainnya seperti tempat cuci tangan dan handsanitizer juga turut disediakan mulai dari halaman depan sampai di dalam masjid. Petugas masjid lainnya terlihat sudah berjaga untuk mengecek suhu tubuh jemaah yang akan menggelar ibadah salat Jumat.

Diketahui, ibadah salat Jumat akan dilaksanakan di Masjid Agung Al Azhar di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, hari ini. Salat Jumat digelar di hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di Ibu Kota.

"Betul, hari ini kami akan melaksanakan salat Jumat," ujar Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Haji Iding, seperti dilansir Antara, Jumat (5/6).

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie akan bertindak sebagai khatib salat Jumat. Sedangkan pihak masjid masih menunggu kepastian Ketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Wapres RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK), mengikuti salat Jumat di Al Azhar.

(zap/zap)