PSBB Transisi, Aparat Long March Sosialisasi Pakai Masker di Pasar Tanah Abang

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 10:48 WIB
Aparat gabungan long march sosialisasi jaga jarak di Pasar Tanah Abang
Foto: Aparat gabungan long march sosialisasi jaga jarak di Pasar Tanah Abang. (Kadek/detikcom).
Jakarta -

Hari pertama dimulainya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Transisi di DKI, aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan long march di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka memberi imbauan kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (5/6/2020) pukul 09.40 WIB, aparat gabungan tersebut jalan berbaris melewati jalan Jati Baru, Tanah Abang. Dalam barisan, 3 orang petugas memberi imbauan menggunakan pengeras suara.

"Bapak ibu tetap gunakan masker, jaga jarak aman," kata salah seorang petugas di lokasi.

Aparat gabungan long march sosialisasi jaga jarak di Pasar Tanah AbangAparat gabungan long march sosialisasi jaga jarak di Pasar Tanah Abang. (Kadek/detikcom).

Sementara, enam orang petugas lainnya membawa papan. Papan tersebut bertuliskan imbauan kepada masyarakat. Bunyi imbauan yang tertulis dalam papan itu seperti: pakai masker, jaga jarak.

Sosialisasi ini perlu dilakukan guna menghindari penyebaran virus Corona (COVID-19). Sebab masih terlihat pedagang yang tidak memakai masker di Pasar Tanah Abang.

Satu jam sebelumnya, petugas Satpol PP melakukan penertiban kepada pedagang kaki lima (PKL) di trotoar pasar Tanah Abang. Para PKL menggelar dagangannya tepat di seberang blok G pasar Tanah Abang.

Situasi di atas trotoar menjadi lengang setelah PKL ditertibkan oleh petugas. Arus lalu-lintas di lokasi terpantau lancar.

(ear/elz)