Andre Gerindra Apresiasi Kiprah Menteri BUMN soal Penanganan Covid

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 09:44 WIB
Dok Gerindra
Andre Gerindra (kiri) dan Menteri BUMN Erick Thohir (kanan)/Foto: Dok Gerindra
Jakarta -

Perusahaan-perusahaan pelat merah yang dikomandoi Menteri BUMN Erick Thohir terlibat langsung dalam penanganan corona yang dilakukan pemerintah pusat. Gerindra angkat topi untuk Erick atas penanganan corona sejak bulan Maret hingga saat ini.

Anggota Komisi VI dari Fraksi Gerindra Andre mengatakan, sejak maret 2020 lalu, kementerian yang berada di bawah komando Erick Thohir itu langsung bergerak cepat untuk ikut terlibat dalam memerangi virus yang melanda hampir di seluruh dunia itu.

"Saya secara pribadi mengapresiasi kiprah Kementerian BUMN di bawah komando Erick Thohir dalam penanganan Covid 19 sejak Maret 2020 hingga saat ini," ujar Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (5/6/2020).

Andre menilai, Kementerian BUMN merupakan salah satu pilar penting selain tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat serta TNI dan Polri dalam penanganan Covid 19 yang terjadi di Indonesia. Penyebabnya, lanjut Andre, kementerian yang mengurusi sekitar 142 perusahaan milik negara itu mengerahkan sebagian besar sumber dayanya untuk menekan pertumbuhan penyebaran virus tersebut. Seperti mengubah wisma atlet di Kemayoran menjadi Rumah Sakit khusus menangani Covid 19.

"Ada banyak hal yang telah dilakukan Kementerian BUMN dalam menangani Covid 19 ini, seperti mengubah wisma atlet di Kemayoran menjadi Rumah Sakit khusus menangani Covid 19. Serta membuat 10 Laboratorium Test Covid 19 di berbagai rumah sakit," paparnya.

Tak hanya itu, lanjut Andre, Kementerian BUMN juga ikut terlibat dalam pembangunan Rumah Sakit Darurat di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Selain itu, Kementerian BUMN juga meminta Rumah Sakit yang ada dalam pengelolaan BUMN untuk aktif membantu penanganan Covid-19, seperti Rumah Sakit Pertamina, Rumah Sakit Pelni dan beberapa rumah sakit lainnya.

"Ada banyak hal yang telah dilakukan kementerian BUMN dalam penanganan Covid 19, seperti pembagian wastafel portabel untuk di beberapa wilayah di Indonesia, pembagian sembako, lalu pembagian hand sanitizer, masker, pembagian APD untuk tenaga medis, bahkan di beberapa titik mendirikan dapur umum untuk masyarakat," imbuhnya.

Andre menjelaskan, sebagian besar BUMN itu terlibat langsung dalam mengatasi penyebaran virus Covid 19 ini secara cepat dan tanggap, di bawah komando Erick Thohir. Karena itu, Andre mengapresiasi gebrakan yang diberikan Kementerian BUMN untuk rakyat dan negara dalam mengatasi pandemi covid 19 ini.

"Selain aktif membantu negara menghadapi Covid-19, Erick Thohir juga mampu menjaga Kinerja BUMN yang tetap profitable dalam kondisi krisis saat ini," pungkas Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat itu.

(fjp/tor)