Batal Mundur, Bupati Bener Meriah Diizinkan Cuti Berobat 20 Hari

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 10:16 WIB
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melantik Teungku Syarkawi sebagai Bupati Bener Meriah
Bupati Bener Meriah Sarkawi (kanan) (Dok. Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Bupati Bener Meriah Sarkawi mendapat surat izin berobat dari Pemprov Aceh selama 20 hari. Sekretaris Daerah Haili Yoga ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) untuk mengisi kekosongan jabatan.

"Bupati Bener Meriah diberi izin berobat terhitung sejak 4 Juni sampai 23 Juni atau selama 20 hari. Surat izin tersebut kita terima Rabu (3/6/2020) kemarin," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah, Wahidi saat dimintai konfirmasi, Jumat (5/6).

Izin berobat diberikan Pemprov Aceh berdasarkan nomor 098/7813 tanggal 2 Juni 2020 bertepatan dengan 10 Syawal 1441 H. Izin dikeluarkan berdasarkan permohonan yang dilayangkan Sarkawi pada 28 Mei lalu.

Wahidi menjelaskan, Pemprov Aceh mengeluarkan dua surat, yaitu izin berobat dan penunjukan Plh. Dalam surat disebutkan, Haili Yoga ditunjuk sebagai Plh Bupati Bener Meriah hingga Sarkawi kembali bertugas.

"Surat penunjukan Plh Bupati Bener Meriah kepada Sekretaris Daerah Haili Yoga kita terima dari Bagian Tapem Setdakab Bener Meriah bersamaan dengan surat izin berobat bupati," ujar Wahidi.

Wahidi mengajak masyarakat Bener Meriah mendoakan kesembuhan Sarkawi. Dia juga berharap Haili dapat menjalankan tugasnya.

"Kita doakan, semoga Bupati Bener Meriah Abuya Sarkawi lekas sembuh dari penyakit yang diderita, dan Plh Bupati Bener Meriah bapak Haili dapat menjalankan tugas-tugas pemerintahan seperti biasa tanpa ada hambatan-hambatan yang berarti," jelas Wahidi.

Seperti diketahui, Sarkawi sempat mengumumkan keinginannya untuk mundur dari jabatan karena ingin fokus berobat. Pernyataan pengunduran diri tersebut disampaikan saat memberi sambutan sebelum salat Idul Fitri pada Minggu (24/5) kemarin.

Namun, setelah menerima nasihat serta masukan dari berbagai kalangan, Sarkawi mengurungkan niatnya untuk mundur. Dia berencana mengambil cuti berobat.

Menurut Wahidi, Sarkawi sudah pernah berobat di dalam dan luar negeri terkait penyakit yang dideritanya pada bagian tulang belakang. Namun hingga kini tidak menunjukkan hasil signifikan.

"Kondisi kesehatan beliau semakin hari semakin memburuk, yaitu pada bagian tulang belakang," kata Wahidi, Minggu (24/5).

(agse/elz)