Bank BRI Ajak Masyarakat Rawat Alam Lewat Budaya Menanam

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 07:05 WIB
BRI
Foto: dok Bank BRI
Jakarta -

Tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day. Sejak 1972, Hari Lingkungan Hidup diperingati sebagai bentuk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melindungi alam dan bumi. Umumnya, masyarakat memperingati hari tersebut dengan cara menanam pohon.

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup, Bank BRI mengajak masyarakat untuk merawat alam lewat budaya menanam. Hal ini disampaikan lewat iklan masyarakat "Menanam Sejengkal, Menghidupi Negeri" yang berkisah tentang remaja yang tersadar bahwa menanam tanaman pangan dapat dilakukan di mana pun meskipun di ruang terbatas, termasuk di teras atap rumah.

"Bahkan di atap-atap rumah, kami bergantian merawat kebun. Atap rumah seperti hutan luas kami. Sesungguhnya, setiap jengkal, sekecil apapun adalah hutan pangan dan kesehatan alam kita," demikian pernyataan dalam video iklan tersebut.

Kisah remaja tersebut juga mengajak masyarakat untuk bercermin bahwa hal kecil seperti menanam benih dapat dilakukan meskipun berada di ruang terbatas. Bahkan, kebaikan bisa disebarkan lewat berbagi benih tanaman ke para kerabat.

Seperti diketahui, warisan manusia dan alam Indonesia adalah budaya menanam. Bahkan para ahli mengatakan, dengan setiap rumah menanam 12 jenis tanaman pangan akan membantu ketahanan pangan nasional.

"Jika budaya menanam dapat diterapkan di masyarakat Indonesia, maka bangsa Indonesia bisa menjadi Bangsa Menanam, Bangsa Merawat, dan Bangsa Berbagi. Karena setiap benih-benih yang ditanam akan tumbuh hingga dapat memberi manfaat ke sesama. Dengan menanam sejengkal, maka masyarakat telah ikut serta menumbuhkan dan menjaga alam di Indonesia," demikian pernyataan Bank BRI dalam keterangannya.

Menanam Sejengkal, Menghidupi Negeri

(ads/ads)