Diminta Hapus Aplikasi Injil Bahasa Minang, Ini Respons Menkominfo

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 19:07 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Menkominfo Johnny G Plate (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menyurati Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate untuk meminta aplikasi Alkitab berbahasa Minang dihapus dari PlayStore. Johnny mengatakan akan merespons serius surat Irwan.

"Sampai sore ini saya belum menerima surat tersebut namun mengetahuinya melalui media. Tentu akan memperhatikannya secara serius. Saya akan cek apakah aplikasi tersebut melanggar ideologi negara, UUD, UU, atau peraturan turunan yang terkait," kata Johnny kepada detikcom, Kamis (4/6/2020).

Aplikasi yang diminta Irwan untuk dihapus dari PlayStore memiliki nama Kitab Suci Injil Minangkabau.

Gubernur Sumbar surati Menkominfo untuk meminta aplikasi Injil berbahasa minang dihapus (dok. istimewa)Aplikasi Injil berbahasa Minang yang diminta Gubernur Sumbar dihapus dari Play Store. (dok. Istimewa)


Johnny mengatakan akan mengecek apakah aplikasi tersebut melanggar dan tak sejalan dengan peraturan yang ada di Indonesia. Jika aplikasi tersebut tak sesuai dengan hukum di Indonesia, permintaan Irwan bisa ditindaklanjuti.

"Jika melanggar atau tidak sejalan dengan ideologi negara, UUD, UU atau peraturan turunannya, sebagaimana aplikasi atau konten yang menggunakan atau berada pada platform digital, seperti Google, Facebook, Microsoft, Instagram, dan lain-lain, prosedur dan proses take down dilakukan melalui platform digital tersebut," ungkapnya.

Johnny mengatakan Kemenkominfo akan bersikap hati-hati sebagai regulator. Kemenkominfo, lanjutnya, akan mengkaji secara komprehensif.

Tonton juga 'Respons Menkominfo Divonis Bersalah soal Blokir Internet Papua':

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2