BBPLK Serang Sumbang Ribuan APD untuk Tenaga Medis

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 19:06 WIB
Kemnaker
Foto: dok kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada Wali Kota Serang, Syafrudin. Bantuan berupa 1.000 masker, 200 baju hazmat, 500 face shield dan 8 unit wastafel portable diserahkan oleh Kepala BBPLK Serang, Agung Nurohmat.

"Bantuan ini diharapkan membantu percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 di Kota Serang, " ujar Agung dalam keterangan tertulis, Kamis (4/5/2020).

Ia mengatakan bantuan APD diberikan sebagai bentuk dukungan BBPLK Serang kepada pemerintahan kota Serang untuk Tim Gugus Tugas COVID-19 dan tenaga medis yang merupakan garda terdepan di RSUD maupun Klinik di sekitar Serang untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kegiatan bantuan APD ini diberikan sebagai upaya mempercepat pengurangan penyebaran COVID-19 dan persiapan memasuki era new normal. Semoga bantuan APD ini bermanfaat bagi masyarakat di Kota Serang," katanya.

Agung menambahkan bantuan APD ini merupakan karya dari peserta pelatihan BBPLK Serang yang berasal dari masyarakat yang ter-PHK, dirumahkan dan UMKM yang tidak lagi beraktivitas akibat COVID-19. BBPLK Serang berencana akan kembali menyalurkan bantuan ke pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Banten secara bertahap.

Sebelumnya BBPLK Serang memberikan bantuan ke BPBD Kabupaten Serang berupa 8 unit wastafel portable, 1.000 masker, 200 APD dan 500 face shield. Saat itu, bantuan diterima langsung oleh Kepala BPPD Serang, Nana Sukmana Kusuma.

Dalam kesempatan tersebut, BBPLK Serang juga menawarkan program dan kerja sama masyarakat Kabupaten/Kota Serang yang terdampak COVID-19 baik pekerja yang dirumahkan atau ter-PHK untuk mengikuti pelatihan pembuatan masker, APD pada kejuruan menjahit, pelatihan pembuatan wastafel pada kejuruan las, dan pelatihan pembuatan face shield pada aneka kejuruan.

(ega/ega)