Gempa M 7,1 di Maluku Utara Dirasakan Sampai Manado

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 16:26 WIB
Ilustrasi gempa
Foto Ilustrasi (AFP)
Jakarta -

Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 di Daruba, Maluku Utara, dirasakan beberapa daerah lainnya. Dicatat, gempa dirasakan juga di Manado sampai Ternate.

"Dirasakan di Sitaro dan Tahuna III-IV, Tobelo, Sofifi III MMI. Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong, Ternate II-III MMI," tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Diketahui, II MMI berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang serta III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan IV MMI berarti pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik, dan dinding berbunyi.

Sebelumnya, gempa M 7,1 di Daruba, Maluku Utara, terjadi di kedalaman 112 km. "(Gempa) 89 km Barat Laut DARUBA-MALUT," tulis BMKG.

BMKG menginformasikan gempa terjadi pada pukul 15.49 WIB. Titik koordinat gempa tercatat di koordinat 2,83 Lintang Utara dan 128,11 Bujur Timur.

Belum ada informasi terkait kerusakan, termasuk ada-tidaknya korban.

(aik/zul)