Pemerintah Harap Pasien Sembuh Corona di DKI-Jatim Donor Plasma Darah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 15:31 WIB
Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Doni Monardo
Doni Monardo (dok. BNPB)
Jakarta -

Pasien virus Corona yang dinyatakan telah sembuh kian hari terus bertambah. Pemerintah berharap pasien sembuh di DKI Jakarta dan Jawa Timur menyumbangkan plasma darahnya untuk terapi kesembuhan pasien yang masih dirawat.

"Kami sudah mengimbau tadi malam juga vicon (konferensi video) dengan Gubernur DKI, ada sekitar 2.500 warga yang telah sembuh dari COVID, nah diharapkan mereka bersedia untuk menyumbangkan plasmanya. Demikian juga di Jawa Timur, ada 699 orang pasien positif yang sudah sembuh. Mereka sudah kembali ke masyarakatnya ini juga kita imbau," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Kabinet, Kamis (4/6/2020).

Terapi plasma darah selama ini diakui mampu menyembuhkan pasien virus Corona. Pasien yang telah dinyatakan sembuh dapat mendonorkan plasma darahnya ke Dinas Kesehatan.

"Jadi semua warga negara masyarakat kita yang telah sembuh diharapkan bersedia untuk mendonorkan plasmanya kepada Dinas Kesehatan," ujar Doni.

Doni mengatakan adanya donor plasma darah merupakan bentuk gotong royong untuk menyembuhkan pasien yang masih dirawat. Sebab, hingga kini belum ada vaksin yang dapat mengantisipasi infeksi virus Corona.

"Inilah bentuk gotong-royong kita, obat belum ada, vaksin belum ada, jadi cara pengobatan yang telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dan telah diakui juga oleh beberapa lembaga internasional menggunakan metode plasma convalescent dan kita dorong terus supaya pakar kita ahli-ahli kedokteran kita, ahli kesehatan kita semakin banyak yang memiliki kemampuan untuk terapi plasma ini," imbuh Doni.

(rfs/dnu)