Masuk Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah

Rosmha Widiyani - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 14:26 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)/Masuk Jadwal Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah
Jakarta -

Bagi yang ingin kuliah, saat ini telah memasuki jadwal pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 sesuai jadwal di situs LTMPT. UTBK-SBMPTN 2020 adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi, sedangkan LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi.

Berikut jadwal lengkap UTBK-SBMPTN 2020:

1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 02 Juni - 20 Juni 2020

2. Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020: 05 - 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jumat 2 sesi)

3. Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN 2020: 25 Juli 2020

Sebelum mendaftar, calon peserta UTBK-SBMPTN 2020 harus punya akun LTMPT terlebih dulu. Periode pendaftaran akun LTMPT disediakan pada 17 Februari hingga 5 April. Dengan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 hanya bisa dilakukan satu kali.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 hanya memerlukan biaya Rp 150 ribu yang dibayarkan lewat bank mitra yaitu Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Untuk peserta yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tidak dipungut biaya pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020.

Dengan waktu yang masih tersisa, tiap calon mahasiswa punya waktu untuk mempertimbangkan kembali jurusan yang ingin diambil saat kuliah. Pertimbangan ini sebetulnya sangat penting karena jangan sampai kuliah justru menjadi beban. Kuliah sebaiknya sesuai dengan minat sehingga bisa bermanfaat untuk kehidupan selanjutnya

Berikut tips supaya tidak bingung memilih jurusan kuliah jelang UTBK-SBMPTN 2020:

1. Tanya pada diri sendiri

Dikutip dari EducationCorner, tips ini mungkin paling sederhana namun dampaknya sangat besar. Tiap orang bisa bertanya apakah kuliah merupakan jalur yang cocok dengan keinginan dan kepribadian diri sendiri. Pertanyaan ini bisa mengantar pada pertimbangan memilih fakultas dan jurusan sesuai tujuan hidup.

2. Ketahui akreditasi jurusan kuliah

Jurusan dan kuliah apa pun yang dipilih pastikan sekolah tersebut telah terakreditasi. Akreditasi memastikan status legal, kompetensi, dan sumber daya perkuliahan tersebut untuk membantu siswanya belajar. Adanya akreditasi memastikan fasilitas pendidikan tersebut memenuhi standar minimal untuk mengadakan proses belajar.

3. Pertimbangkan jurusan kuliah

Sebelum benar-benar melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020, pertimbangkan kembali jurusan kuliah yang ingin diambil. Biasanya sejak SMP sudah terbayang sosok diri di masa mendatang dan jurusan kuliah yang ingin diambil. Semua jurusan kuliah sama baiknya asal dipelajari dan diterapkan dengan baik.

4. Lokasi geografis jurusan kuliah

Sebagian calon mahasiswa tidak mempertimbangkan lokasi kuliah di jurusan yang diambil. Hal ini sebetulnya penting karena menentukan kemudahan memenuhi berbagai sarana pendidikan. Kota kecil tidak selalu mengindikasikan sulit memenuhi kebutuhan pendidikan, sehingga calon mahasiswa tidak perlu khawatir saat memilih jurusan menjelang UTBM-SBMPTN 2020.

(row/erd)