Jokowi Minta RI Mandiri Bikin Vaksin Corona, Targetkan Akhir Tahun Produksi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 13:42 WIB
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu
Ilustrasi berkaitan dengan penelitian vaksin Corona (Foto: dok. AP Photo)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para ahli Tanah Air serius menemukan vaksin virus Corona baru (COVID-19). Jokowi ingin Indonesia mandiri.

"Kemudian, terkait vaksin, Indonesia harus mandiri. Target Indonesia sudah bisa ikut memproduksi pada akhir tahun ini," ucap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memaparkan hasil rapat terbatas (ratas) bersama Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/6/2020).

"Jadi tadi Presiden sudah menginstruksikan supaya kita segera... tim peneliti kita bergerak mencari... segera menemukan vaksin yang nanti bisa digunakan untuk Indonesia sendiri," imbuhnya.

Penelitian mengenai vaksin Corona memang saat ini dilakukan sejumlah pihak di seluruh dunia. Namun Jokowi meyakini nantinya vaksin-vaksin hasil penelitian di luar negeri itu sulit didapatkan untuk kebutuhan domestik.

"Karena tadi Bapak Presiden menyampaikan memang sekarang ada 147 pihak seluruh dunia ini bergerak untuk menyusun vaksin, tapi mereka pasti nanti pertama-tama digunakan untuk kebutuhan sendiri," kata Muhadjir.

"Sementara kita punya 270 juta (penduduk) yang itu juga mau tidak mau tidak mungkin kita hanya mengandalkan impor, tapi kita juga harus siap-siap melakukan riset vaksin untuk Indonesia sendiri," lanjut Muhadjir.

Simak video '4 Pelajaran dari Flu Spanyol untuk Lawan COVID-19 Menurut Bill Gates':

(dhn/gbr)