SIM Mati Bisa Diperpanjang hingga September, Polres Bekasi: Tak Akan Ditilang

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 13:12 WIB
PSBB Kota Bekasi akan berakhir. Namun, jelang wacana new normal, antrean justru membeludak di layanan SIM keliling.
Ilustrasi (Rengga Sancaya/detikcom)
Bekasi -

Polres Metro Bekasi Kota memberikan keringanan bagi pemohon perpanjangan SIM. Polisi menjamin pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 17 Maret-29 Juni tidak akan ditilang.

"Bagi pemilik SIM yang habis masa berlakunya tanggal 17 Maret sampai dengan 29 Juni bisa diperpanjang pada Juli, Agustus, September, dan seterusnya 2020. Dan di lapangan tidak ada penilangan dengan alasan SIM mati," ujar Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Ojo Ruslani kepada detikcom, Kamis (4/6/2020).

Peraturan ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam memperpanjang masa berlaku SIM. Diketahui, antrean pengurusan SIM di sejumlah lokasi di Bekasi mengular beberapa hari ini.

"Mempermudah layanan kepada masyarakat yang akan perpanjangan SIM, latar belakangnya karena pandemi Corona, bijak mengikuti perkembangan situasi," kata Ojo.

Ojo menyebut sebagian lokasi perpanjangan SIM terjadi kerumunan massa tadi pagi. Salah satunya di lokasi SIM keliling di salah satu mal di Bekasi.

Agar tak makin panjang, antrean diarahkan melingkar. Para pemohon SIM, menurut Ojo, sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan jaga jarak.

"Iya (jaga jarak dan pakai masker), kan ada polisi berpakaian dinas woro-woro pakai speaker untuk sosialisasi physical distancing," tutur Ojo.

Tonton video 'SIM Mati di Masa Pandemi, Polri Berikan Dispensasi':

(isa/mei)