AHY Puji Walkot Tegal Tangani Corona: Semoga Inspirasi Kepala Daerah Lain

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Jun 2020 05:44 WIB
AHY video confrence dengan Walkot Tegal
AHY saat Video Confrence dengan Walkot Tegal (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memuji Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono terkait penanganan virus Corona di kota Tegal. AHY menyebut penanganan virus Corona yang dilakukan Walkot Tegal bisa jadi inspirasi kepala daerah lain.

"Saya pagi hari ini ingin secara langsung mengucapkan terima kasih dan juga mengapresiasi segala kebijakan dan tindakan yang diambil oleh Mas Dedy sebagai Wali Kota Tegal, yang tentu tidak hanya diapresiasi oleh kami, kita semua sebagai Kader Demokrat, tetapi juga masyarakat, bahkan juga masyarakat internasional," kata AHY dalam keterangannya, Kami (4/6/2020).

"Bagi saya kisah sukses ini bukan hanya milik masyarakat Tegal, tetapi juga harus bisa menginspirasi kepala-kepala daerah lainnya, kader-kader utama Partai Demokrat lainnya di berbagai Tanah Air. Apabila ada langkah efektif kepemimpinan, manajemen di krisis ini yang bisa juga diterapkan di daerah-daerah lain, maka InsyaAllah Indonesia akan semakin baik kondisinya, dan kita bisa segera melewati masa-masa krisis Covid-19," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Dedy juga menjelaskan bagaimana dirinya menangani virus Corona di kotanya. Dia menyebut langsung memblokir Kota Tegal begitu virus Corona mulai terjadi di Indonesia.

"Jadi saya pertama kali itu dengan memblokir jalan, dengan MCB beton dan juga lampu dipadamkan. Saya pikirkan, Kota Tegal adalah central city dimana daerah yang lain itu akan datang ke Kota Tegal seperti daerah tetangga Brebes, Kabupaten Tegal, dan Pemalang sehingga di ruas jalur yang ada di Kota Tegal atau di jalan-jalan, perempatan-perempatan yang ada di Kota Tegal kita blokir memakai MCB beton. Jadi saya melawan virus Corona dengan virus psikologi agar di daerah tetangga atau di kota-kota sekitar Tegal ini tahu betul bahwa Kota di Tegal itu sudah diblokir," sebut Dedy.

Kemudian AHY menyebut kebijakan tersebut merupakan pilihan sulit. Dia juga mengungkap kepemimpinan Dedy juga memberikan hasil yang baik atas penanganan virus tersebut.

"Banyak sekali sebetulnya pelajaran berharga yang bisa dipetik dalam kepemimpinan dalam menangani krisis Covid-19. Yang jelas tadi kalau saya bisa simpulkan, ada keteguhan dalam leadership. Dalam kepemimpinan, memang pemimpin itu selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan yang tidak mudah, tidak ideal. Pasti ada yang tidak suka, ada yang protes, ada yang mempertanyakan dampak dari sebuah kebijakan. Tapi karena Mas Dedy teguh pada prinsip bahwa Kota Tegal harus dilindungi masyarakatnya, sehingga hasilnya baik," terang AHY.

Saat melakukan video conference AHY didampingi Sekjen PD Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum PD Renville Antonio, dan jajaran pengurus Partai Demokrat. Sementara Wali Kota Tegal didampingi Ketua DPC Kota Tegal Hendria Priatmana, serta anggota DPRD dari Fraksi PD Teguh Imam Santoso dan H. Akhmad Satori.

(maa/maa)