JK: Jokowi, Anies, dan DMI Sepakat Jumat Ini Masjid Dibuka di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 19:44 WIB
Ketum DMI Jusuf Kalla (JK) mengecek Ppenyemprotan masjid jelang persiapan masjid menghadapi new normal.
Ketum DMI Jusuf Kalla (JK) mengecek penyemprotan masjid menjelang persiapan masjid menghadapi new normal. (Foto: dok. DMI)
Jakarta -

Ketum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) berkonsultasi dengan Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kesiapan masjid di Ibu Kota menggelar salat Jumat. JK mengatakan Jokowi, Anies, dan DMI sepakat masjid untuk dibuka kembali.

"Yang paling aman dalam situasi ini justru di rumah ibadah. Berbeda dengan di mal atau di pasar mungkin Anda tidak bisa jaga jarak dengan betul. Tidak bisa cuci tangan setiap saat. Kemudian di masjid itu paling lama setengah jam salat Jumat, apalagi kita minta diperpendek. Itu kenapa bapak presiden dan gubernur (DKI Jakarta) dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid buka," kata JK dalam video yang diterima, Rabu (3/6/2020).

Hal ini disampaikan JK seusai mengecek penyemprotan disinfektan dalam rangka persiapan prosedur 'new normal' di rumah ibadah. Dalam hal ini, JK bersama pengurus DMI mengecek Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta.



"Pertama, untuk melihat kesiapan kembali di Jakarta ini secara resmi ada juga tidak resmi melaksanakan salat Jumat. Insyaallah lusa. Ini setelah saya berkonsultasi dengan Bapak Presiden dan Bapak Gubernur DKI," ujar JK.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2