Salat Berjemaah di Masjid Depok Dibuka Kembali Jumat 5 Juni, Ini Aturannya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 19:40 WIB
Wali Kota Depok M Idris Cek Kesiapan Salat Berjamaah di Masjid Jelang New Normal
Wali Kota Depok M Idris Cek Kesiapan Salat Berjemaah di Masjid Jelang New Normal (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Depok -

Wali Kota Depok M Idris mengecek kesiapan salat berjemaah di Masjid Baiturrahman menjelang penormalan baru (new normal). Sejumlah aturan baru diberlakukan bagi warga yang hendak melaksanakan salat berjemaah di masjid.

"Hari Jumat (5/6) pemberlakuan new normal, bahasa kita 'AKB', adaptasi kebiasaan baru. Jadi kebiasaan baru kita batasi kegiatan keagamaan, di antaranya masjid, salat Jumat," kata Idris di Masjid Baiturrahman, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Rabu (3/6/2020).

Dibukanya kembali masjid ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sejumlah aturan juga diterapkan dalam pelaksanaan ibadah di masjid, salah satunya masjid hanya dibuka bagi warga setempat.

"Pengunjung salat Jumat, pengunjung rumah ibadah itu untuk warga setempat. Jadi tidak boleh lintas kecamatan, apalagi lintas daerah untuk salat Jumat seperti itu," katanya.

Terkait pelaksanaan salat Jumat tersebut, Idris mengatakan bisa saja dilakukan dua gelombang.

"Bisa jadi di daerah lain salat Jumat bisa dua tahap, dua gelombang. Jadi siap-siap, tapi tetap waktu zuhur ya (pelaksanaannya)," imbuhnya.

Dengan adanya adaptasi baru ini, jemaah pun tidak bisa sembarangan ikut salat berjemaah di masjid. Anak-anak dan lansia yang memiliki penyakit tidak diperbolehkan salat di masjid.

Selanjutnya
Halaman
1 2