Bawa 1 Kg Sabu, Pria di Medan Ditembak Mati Polisi

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 18:10 WIB
Konferensi pers di Polrestabes Medan (Datuk Haris-detikcom)
Konferensi pers di Polrestabes Medan (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Polisi menembak mati seorang pria, MJ, yang membawa narkoba di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Polisi menyita sekitar 1 kg sabu dari pria tersebut.

"Ini pengembangan dari hasil yang di rilis oleh Kapolda Sumut, kemarin. Kemudian petugas melakukan pengembangan dan ada seorang lagi yang ditangkap oleh petugas dari Polsek Patumbak," kata Kapolrestabes Medan, Kombes Riko Sunarko, Rabu (3/6/2020).

Petugas awalnya mendapat informasi soal MJ yang sedang menunggu bus di Jalan SM Raja, Medan Amplas. Polisi kemudian mendatangi pria itu tapi mendapat perlawanan.

"Saat ditangkap tersangka ketakutan, tersangka berusaha melakukan perlawanan dengan menggunakan pisau yang diselipkan di pinggangnya. Karena melawan, petugas terpaksa memberi tindakan tegas, keras dan terukur ke arah dada," ujar Riko.

Polisi kemudian membawa pria itu ke RS Bhayangkara Medan. Pria itu tewas saat tiba di RS.

"Saat itu tersangka memakai tas, di dalam tas ada bungkusan snack, saat dibuka ada plastik transparan dan di dalamnya ada sabu sekitar 1 kg. Informasinya, barang tersebut hendak dibawa ke Jambi," sebut Riko.

Sebelumnya, polisi juga menembak mati seorang pria berinisial DS (40) karena diduga menjadi pengedar narkoba di Sumut. DS ditembak karena melawan petugas saat proses penangkapan.

"DS melakukan perlawanan kepada petugas dengan cara pelaku melukai petugas dengan pisau celuritnya sehingga saat itu petugas melakukan tindakan tegas dan terukur, melakukan penembakan dan mengenai dada tersangka DS, sehingga mengakibatkan DS meninggal dunia," kata Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin di Medan, Selasa (2/6).

Penangkapan DS dilakukan di Asahan, Sumut, Minggu (31/5). Ada 30 kg sabu dalam 30 bungkus teh China dan disimpan dalam 3 karung goni yang disita dari penangkapan tersebut.

(haf/haf)