Eks Napi di Sumsel Ditangkap Lagi Gegara Ngaku Polisi dan Mencuri

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 03 Jun 2020 16:20 WIB
ilustrasi penjara
Ilustrasi (Andi Saputra/detikcom)
Palembang -

Polisi menangkap pria di Sumatera Selatan (Sumsel) bernama Haryadi (24) karena diduga memalsukan kartu anggota Polri dan menipu orang lain. Haryadi merupakan narapidana yang bebas berkat program asimilasi.

"Pelaku ini mengaku sebagai anggota Polri. Ada foto pakai seragam dan kartu anggota dia palsukan," kata Kapolsek Kalidoni, AKP Irene saat dimintai konfirmasi, Rabu (3/6/2020).

Pria tersebut diduga beberapa kali melakukan penipuan dengan cara mengajak korbannya kencan di hotel. Haryadi juga diduga melakukan pencurian terhadap korbannya.

"Untuk korban diduga lebih dari satu. Tapi semua masih kita kembangkan karena ini ada juga pelaku lain yang sedang dikejar," ujar Kanit Reskrim, Ipda Deni Irawan.

Haryadi ditangkap di sebuah hotel pada Senin (1/6) malam. Sedangkan satu rekannya kini masih jadi buron tim Polsek Kalidoni.

"Modusnya pelaku bersama rekannya RS menghubungi korban melalui aplikasi online. Mengajak korban untuk berkencan," kata Deni.

Setelah harga disepakati, pelaku meminta korban datang ke hotel yang telah dipesan. Setelah kencan dan korban lengah, pelaku menggasak barang berharga milik korban dan kabur.

"Pengakuan pelaku, mereka sudah sering melakukan aksinya di berbagai hotel dan penginapan. Untuk meyakinkan korban, pelaku mengirim foto memakai seragam Polri dan KTA Polri dengan foto yang telah diedit," tutup Deni.

(ras/haf)