Angka Reproduksi Corona Turun, Apakah Anies Bakal Akhiri PSBB di 4 Juni?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 19:42 WIB
Anies Baswedan
Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jakarta Anies Baswedan berharap 4 Juni nanti menjadi hari terakhir pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kini angka penularan virus Corona dinilai sudah mengalami penurunan. Akankah Anies benar-benar mengakhiri PSBB pada 4 Juni nanti?

PSBB sudah diterapkan di Jakarta sejak 10 April lalu dan sudah dua kali diperpanjang, sehingga ada tiga fase PSBB di Jakarta sejauh ini. Yang terbaru, Anies memperpanjang masa PSBB untuk 22 Mei hingga 4 Juni nanti.

"Ini insyaallah bisa menjadi fase terakhir PSBB kita. Sesudah itu kita akan bisa kembali berkegiatan dengan meningkatkan kewaspadaan," kata Anies pada Selasa (19/5) lalu.

Saat itu, Anies menjelaskan tentang angka reproduksi virus Corona sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa besar tingkat penularan COVID-19. Pada Maret, angka di DKI Jakarta, kata Anies, sempat mencapai 4, yang artinya 1 orang bisa menulari 4 orang. Namun seiring berjalannya PSBB, angka reproduksi efektif (Rt) di Jakarta mampu diturunkan menjadi kisaran 1. Angka Rt perlu diturunkan menjadi di bawah 1.

"Angka ini semua menggambarkan bahwa kita bergerak kurang-lebih di angka 1 reproduction number-nya. Kita harus menurunkan ini," jelas Anies.

Cara menurunkannya adalah dengan menjalankan PSBB secara lebih disiplin, yakni warga harus tetap berada di rumah. Saat itu, persentase warga Jakarta yang berada di rumah sempat mencapai 60%. Dia ingin agar persentase warga yang tetap berada di rumah mencapai 70% hingga 80% supaya angka penularan COVID-19 bisa turun.

"Bila kita melakukan kedisiplinan tetap berada di rumah 2 minggu ke depan, maka insyaallah setelah 2 minggu ini kita bisa keluar dari fase PSBB," kata Anies.

Kurva angka reproduksi penularan Corna yang disampaikan Anies Baswedan 19 Mei 2020. (Dok Pemprov DKI)Kurva angka reproduksi penularan Corna yang disampaikan Anies Baswedan 19 Mei 2020. (Dok Pemprov DKI)

Tonton juga 'Anies Minta Masker Jadi Bagian Seragam PNS DKI':

[Gambas:Video 20detik]

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2