Calon Jemaah Tak Jadi Berangkat, Gubernur Sumsel: Sabar, Haji Itu Panggilan

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 16:15 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru.
Gubernur Sumsel Herman Deru. (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengumumkan pemerintah tak akan memberangkatkan calon jemaah haji 2020. Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta jemaah bersabar.

"Saya dengar tadi, haji katanya diundur. Ya itu kan dari tuan rumah, apa kita mau bikin haji sendiri? Kan nggak bisa," kata Herman Deru di Bina Praja Pemprov, Selasa (2/6/2020).

Dia mengatakan haji merupakan panggilan. Herman berharap para calon jemaah yang tertunda keberangkatannya tahun ini bisa berangkat pada 2021.

"Sabar, Saudaraku, yang tahun ini belum bisa berangkat meskipun tadinya sudah terjadwal. Haji itu adalah panggilan, jadi kalau belum dipanggil tahun ini mudah-mudahan bisa berangkat tahun depan," ucap Herman.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama mengumumkan pembatalan keberangkatan haji 2020. Menag Fachrul Razi menyebut penyebaran virus Corona yang tak kunjung usai menjadi salah satu alasan pembatalan ziarah ke Tanah Suci itu.

"Berdasarkan kenyataan tersebut pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan jamaah haji pada tahun 2020 atau tahun 1441 Hijriah ini," ujar Fachrul seperti disiarkan dalam akun YouTube Kemenag, Selasa (2/6).

Menag menjelaskan salah satu alasan pembatalan adalah wabah virus Corona yang tak kunjung selesai. Menag menyebut aspek kesehatan adalah hal yang harus diutamakan.

Selain itu, pembatalan dilakukan karena tak adanya kepastian dari pihak Arab Saudi. Fachrul mengatakan hal tersebut membuat Indonesia tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan keberangkatan haji.

"Pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah," kata Fachrul.

Simak video 'Pemberangkatan Haji Ditunda, Calon Jemaah Ini Hanya Pasrah dan Ikhlas':

(ras/haf)