Vaksin Corona Masih Lama, Tim Pakar Gugus Tugas Ingatkan Protokol Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 15:34 WIB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito
Foto: dok. BNPB
Jakarta -

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito mengatakan pengadaan vaksin COVID-19 memerlukan waktu yang cukup lama. Wiku pun menyebutkan masih ada pendekatan lain dalam mencegah penularan virus COVID-19.

"Jadi, kalau kaitannya dengan imunitas tadi atau vaksin, kan perlu waktunya lama. Sebenarnya kita nggak usah tunggu-tunggu itu. Yang paling penting itu kan pendekatannya preventif. Nah preventif itu ada dua. Tadi preventifnya dengan vaksin kalau bisa, kan masih lama," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Selasa (2/6/2020).

Tindakan preventif lainnya, menurut Wiku, adalah menjalankan protokol kesehatan. Dia mengatakan masyarakat harus terus disiplin menerapkan protokol kesehatan serta disiplin mengingatkan orang di sekitarnya agar tidak terpapar COVID-19.

"Preventif yang sebenarnya ada di diri kita masing-masing adalah mencegah saja kita untuk dapat berinteraksi dengan virus itu secara langsung, maka dengan cara melakukan kita protokol kesehatan yang sudah sering diulang-ulang kan semua sudah sadar itu, praktikkan saja itu secara disiplin, disiplin individu, disiplin kolektif atau kelompok. Kita selalu mengingatkan orang dan orang selalu mengingatkan kita dan seterusnya," ujar Wiku.

"Selama bisa begitu dan tertib disiplin itulah saatnya kita mulai mempertimbangkan untuk melakukan aktivitas yang produktif dan aman COVID. Kan sebenarnya aman kalau sudah diproteksi. Terus kemudian marilah kita beraktivitas produktif. Tapi syaratnya aman dulu, jangan cepat-cepat," imbuh Wiku.

Selanjutnya
Halaman
1 2