Dokter Jantung di RSUD Klungkung Positif Corona, Bupati Minta Rekan Kerja Di-swab

Angga Riza - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 15:14 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Klungkung -

Seorang dokter spesialis jantung di RSUD Klungkung, Bali, terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pun meminta langkah pencegahan penyebaran untuk dilakukan.

"Untuk rumah sakit, jadi dengan situasi kasus baru dengan adanya seorang dokter tentu di klinik itu, Pak Direktur saya tugaskan untuk mengambil langkah-langkah atau akan menutup di bagian itu dulu atau mungkin melakukan relokasi," kata Suwirta kepada wartawan, Selasa (2/6/2020).

Suwirta mengatakan contact tracing atau pelacakan saat ini tengah dilakukan Gugus Tugas Klungkung. Dia pun meminta tes swab segera dilakukan terhadap rekan kerja dan pasien yang pernah melakukan kontak dengan dokter tersebut.

"Pasien juga, tenaga medis juga ada, sedang ditelusuri," katanya.

"Tetapi petugas-petugas yang berdekatan dengan yang bersangkutan tentu kita harus segera di-swab, dilakukan karantina-karantina secara mandiri atau mungkin karantina dilakukan oleh Satgas yang mengawasi itu, di poliklinik pelayanan," imbuh Suwirta.

Sementara itu, Suwirta menegaskan dokter yang terpapar COVID-19 itu sudah dites swab. Dia pun meminta warga lainnya selalu waspada dengan wabah COVID-19.

"Iya, kemarin informasinya ya, jadi sekali lagi, transmisi lokal ini terjadi. Mari kita hati-hati sajalah. Sudah positif hasil swab-nya dia tidak termasuk warga sini tapi kontaknya kan di sini," tuturnya.

(mae/mae)