Plt Camat: Bukit Alas Bandawasa Ditutup sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 10:08 WIB
Warga padati Bukit Alas Bandawasa, Bogor, untuk berkemah.
Viral wisatawan yang camping di Bukit Alas Bandawasa. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Bukit Alas Bandawasa, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, viral karena didapati wisatawan yang camping. Plt Camat Cigombong Asep Achdiat memastikan Bukit Alas Bandawasa ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan.

"Pokoknya (ditutup) sampai waktu yang tidak ditentukan. Tergantung perintah pemerintah, apakah nanti new normal baru kemudian dibuka kembali (atau tidak)," kata Asep ketika dihubungi, Selasa (2/6/2020).

Asep menjelaskan Bukit Alas Bandawasa ditutup sejak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Bogor diberlakukan. Namun, lanjutnya, banyak wisatawan yang datang secara kucing-kucingan untuk camping di Bukit Alas Bandawasa hingga viral di media sosial.

Dia menambahkan Bukit Alas Bandawasa juga ramai karena banyak warga yang membuka warung di sekitar lokasi wisata.

"Betul (datang pakai jalur tidak resmi). Iya (datang) diam-diam gitu, ya," lanjutnya.

Asep menjelaskan petugas telah membubarkan massa secara persuasif. Wisatawan dan masyarakat sekitar pun membubarkan diri dengan tertib. Agar hal ini tidak terulang lagi, kini Bukit Alas Bandawasa dijaga dengan ketat.

"Dan kami kerja sama dengan teman-teman karang taruna. Karena kalau personal kecamatan kan sedikit, nah jadi kami libatkan masyarakat, mulai teman-teman karang taruna untuk pengawasan. Termasuk juga tokoh-tokoh (masyarakat) sudah kami minta bantuannya," tandasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2