Jokowi Titip Istiqlal Siapkan Protokol Kesehatan: Agar Jemaah Aman COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 10:06 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Andhika/detikcom)
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pelaksanaan protokol kesehatan di Masjid Istiqlal, Jakarta, jika sudah dibuka untuk umum. Dengan dilaksanakan protokol kesehatan, Jokowi berharap, jemaah aman dari penularan virus Corona (COVID-19).

"Tentu saja mulai saat ini, saya titip, mulai disiapkan protokol kesehatan sehingga nanti pada saat kita melaksanakan salat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari COVID-19," ujar Jokowi seusai meninjau Masjid Istiqlal, yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (2/6/2020).



Saat ke Masjid Istiqlal, Jokowi melihat progres renovasi masjid dan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar. Soal rencana pembukaan Masjid Istiqlal, Jokowi menyerahkan keputusan di tangan KH Nasaruddin.



"Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kita putuskan. Tadi saya mendapat informasi dari Prof Nasaruddin, Bapak Imam Besar bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka pada bulan Juli, tetapi keputusan ada di Bapak Imam Besar," kata Jokowi.

Sebab, Jokowi juga melihat kasus virus Corona di Indonesia yang belum selesai. Karena itu, pembukaan tempat ibadah hingga pusat ekonomi harus melalui prosedur ketat.

"Pembukaan, baik itu pembukaan untuk tempat ibadah, pembukaan untuk aktivitas ekonomi, pembukaan untuk sekolah, semuanya melalui tahapan-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva, dari R0 maupun dari Rt-nya. Semuanya memakai data-data keilmuan yang ketat," jelas Jokowi.

(dkp/tor)