Nakes di Bengkulu Positif Corona, Pemprov: Diduga Saat Lepas APD

Hery Supandi - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 18:07 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Bengkulu -

Para tenaga kesehatan di Bengkulu terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Mereka diduga terpapar akibat melepas alat pelindung diri (APD).


"Setelah kita lakukan penelusuran kasus terpaparnya para nakes ini, kuat dugaan mereka terpapar saat melepas APD," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Sedikitnya, ada 37 tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif virus Corona. Guna mengantisipasi adanya penularan kembali, dilakukan sistem tiga sif dan melakukan isolasi selama 14 hari bagi tenaga kesehatan yang baru bertiga.

"Para nakes ini rentan terpapar karena langsung kontak dengan pasien, namun kita telah membuat sistem baru dalam melayani pasien," ujar Herwan.

Selain pembagian zona dan sif kerja, Herwan mengatakan para nakes saat usai melakukan tugas dari ruang isolasi pasien COVID-19 akan di isolasi selama 14 hari ditempat isolasi yang telah disediakan.

"Usai diisolasi, nakes bisa kembali masuk melaksanakan tugasnya kembali, cara ini cukup efektif mampu menekan terpaparnya para nakes," kata Herwan.

(dkp/dkp)