MBD Zona Kuning, Gubernur Maluku Koordinasi soal Rekomendasi New Normal

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 17:32 WIB
Gubernur Maluku Murad Ismail
Gubernur Maluku Murad Ismail (Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Gubernur Provinsi Maluku Murad Ismail mengatakan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) masuk zona kuning virus Corona. Untuk itu, Murad akan koordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terkait data wilayah yang direkomendasikan siap menerapkan new normal.

"Gugus Tugas telah rekomendasi 102 kabupaten/kota di Indonesia, termasuk 5 kabupaten/kota di Maluku antara lain Kabupaten MBD, Kepulauan Aru, Kepulauan Tanimbar, Maluku Tenggara, dan Kota Tual yang bisa menerapkan new normal atau tata hidup baru yaitu masyarakat tetap produktif dan aman COVID-19. Data ini kami akan koordinasi lagi dengan gugus tugas nasional karena Kabupaten MBD sudah masuk zona kuning," ujar Murad di kantornya, Kota Ambon, Senin (1/6/2020).

Murad menjelaskan, Kabupaten MBD yang awalnya di zona hijau kini menjadi zona kuning dikarenakan telah terpapar penyebaran virus Corona yang membuat Kabupaten Barat Daya menjadi zona kuning.

"Sedangkan Kabupaten Buru Selatan sudah menjadi zona hijau jadi kita tetap ada 6 Kabupaten/kota yang zona hijau, yang ketukar ini tadinya Kabupaten MBD zona hijau sekarang sudah masuk zona kuning karena sudah ada yang terpapar dan tambahan Kabupaten Buru Selatan itu masuk zona hijau," kata Murad.

Murad juga akan menggelar rapat koordinasi persiapan new normal di wilayahnya. Murad berharap tidak ada peningkatan kasus COVID-19 di Maluku.

"Kami akan melanjutkan rapat kordinasi dengan Kabupaten/Kota tersebut, yang intinya mempersiapkan sebaik mungkin penerapan new normal sehingga tidak terjadi peningkatan pasien COVID-19 lagi," ucap Murad.

(dkp/dkp)