Gimana Cara Maknai Hari Lahir Pancasila di Tengah Pandemi?

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 10:54 WIB
Pancasila
Foto: shutterstock
Jakarta -

Apa ada yang tahu mengapa tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila? Ini merupakan hari yang mengacu pada sejarah dicetuskannya Pancasila oleh Ir. Soekarno pada 1 Juni 1945. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperingatinya. Hal terpenting adalah kita dapat memaknai Pancasila sebagai nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan, seperti menghormati sesama walau berbeda agama, mengakui persamaan hak dan derajat masyarakat Indonesia, saling membantu dan gotong royong dalam menjaga persatuan, dan lain sebagainya.

Terlebih dalam peringatan Hari Pancasila tahun ini, persatuan Indonesia diuji dengan datangnya sebuah wabah yang menyerang sejak awal bulan Maret yang lalu. Pandemi tersebut tercatat sudah lebih dari 26 ribu kasus positif di Indonesia (data per 31 Mei 2020).

Namun, hal ini justru dapat membuat kita menerapkan nilai-nilai Pancasila yang seharusnya sudah menjadi pedoman dalam berbangsa dan bernegera. Seperti, meningkatkan ibadah di kehidupan sehari-hari merujuk ke sila pertama atau juga membantu sesama masyarakat Indonesia yang membutuhkan merujuk ke sila dua dan tiga.

Kamu pun dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila tersebut dengan berdonasi dan juga membantu sesama lewat aplikasi Grab. Untuk penyerahan donasi, Grab bekerja sama dengan pihak-pihak terkait yang sudah terpercaya dalam memberikan bantuan tersebut seperti benihbaik.com, Human Initiative, LightUp Indonesia, dan partner lainnya.

Adapun berbagai macam donasi yang bisa dilakukan, antara lain pemberian penerangan kepada 1.000 rumah, APD untuk tenaga medis, hingga bantuan sembako hingga hand sanitizer dan masker kepada mitra driver online.

Yuk, tunjukkan kalau Pancasila bisa memenangkan #KitaVSCorona dengan berbagi dan bantu sesama bersama Grab! Karena #KitaVSCorona

Simak juga video 'Pandemi Corona, Jokowi Ajak Pejabat Pusat-Daerah Berpihak untuk Rakyat':

(mul/ega)