Menko PMK Bacakan Doa di Hari Kelahiran Pancasila: Lindungi Kami dari Wabah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 09:09 WIB
Jokowi kenalkan jajaran kabinet
Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

1 Juni adalah peringatan Hari Lahir Pancasila. Namun di momen peringatan pada tahun ini, peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di tengah situasi wabah virus Corona. Pemerintah RI berdoa agar rakyat Indonesia dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa dari wabah ini.

"Ya Allah Sang Maha Pelindung, lindungilah bangsa kami dari wabah virus Corona dan wabah yang lainnya. Jangan Engkau jadikan wabah ini sebagai azab, sebaliknya, jadikanlah wabah ini sebagai ujian yang kami berhasil melewatinya," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam doanya, Senin (1/6/2020).

Dia berdoa dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual, dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), diikuti oleh pimpinan lembaga tinggi negara dan para menteri. Peringatan ini disiarkan langsung oleh akun YouTube Sekretariat Presiden.

"Berikanlah kami kemampuan untuk mengambil hikmah dan peluang di baliknya," kata Muhadjir memanjatkan doa. Presiden, para pemimpin lembaga tinggi negara, dan para menteri menengadahkan tangan, mengamini doa Muhadjir.

Dia juga berdoa agar momen ini bisa menjadi momen menghimpun energi positif bangsa dan memperkokoh rasa persatuan serta kesatuan. Pancasila adalah falsafah yang menjadi anugerah dari Allah kepada bangsa Indonesia, sehingga bangsa ini mempunyai arah perjuangan.

"Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan, bulatkan tekad kami untuk membangun negara Indonesia," kata Muhadjir.

Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila Melalui Konferensi Video:

(dnu/dhn)