Langgar Protokol Kesehatan, Polisi Bubarkan Pengunjung Bar di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 00:51 WIB
Pengunjung bar di Medan dibubarkan polisi
Foto: Datuk Haris/detikcom
Medan -

Polisi membubarkan pengunjung shoot bar di Jalan Pattimura, Medan Baru karena melanggar protokol kesehatan. Pengunjung secara humanis diminta untuk pulang ke rumah masing-masing.

"Dalam hal ini, pihak Kecamatan Medan Baru (Kepling), bersama Polsek membubarkan pengunjung shoot bar tersebut. Kita mengimbau secara humanis agar pengunjung kembali ke rumah masing-masing, guna mencegah penularan Corona," kata Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing, Minggu (31/5/2020).

Martuasah menyebut kegiatan tersebut dilakukan pada pukul 01.00 WIB dini hari. Pembubaran itu menindaklanjuti informasi dari masyarakat tentang adanya pelanggaran protokol COVID-19 di Jalan Pattimura.

"Setelah dapat informasi. Kita awali dengan apel bersama. Kita memberikan arahan kepada personel agar membubarkan para pengunjung bertindak secara humanis dan tidak arogan," sebut Martuasah.

Setelah itu, personel langsung masuk ke shoot bar mengimbau para pengunjung untuk pulang. Tidak ada keributan dalam aksi pembubaran pengunjung.

"Para pengunjung menerima dan menuruti imbauan kemudian satu persatu meninggalkan lokasi tersebut," ujar Martuasah.

Martuasah menjelaskan kegiatan tersebut berdasarkan UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI dan maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor : Mak/2/111/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona (COVID-19).

(isa/isa)