Pimpinan MPR Sebut Penguatan Pancasila Bisa Percepat Atasi COVID-19

Yudistira Imandiar - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 19:36 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pandemi COVID-19 mengguncang kondisi sosial-ekonomi masyarakat Indonesia. Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat berpendapat, pengamalan nilai-nilai Pancasila bisa menjadi bagian solusi dari masalah yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Bila saat ini seluruh anak bangsa sedang menghadapi wabah COVID-19 di tanah air, menurut saya penguatan pelaksanaan nilai-nilai Pancasila mampu mempercepat penanggulangannya," kata Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Wanita yang akrab disapa Rerie itu mengatakan pengamalan nilai Pancasila dalam kondisi saat ini diwujudkan dengan saling peduli kepada sesama masyarakat. Kesadaran untuk memahami kepentingan bangsa lebih besar daripada kepentingan pribadi merupakan bagian dari nilai-nilai pancasila.

"Apakah kita mampu berkorban demi orang lain, meski kita sendiri juga menghadapi ancaman yang sama. Dalam kondisi inilah kita harus mampu membuktikannya," ujar Rerie.

Ia mengatakan, kesadaran untuk berperan menyudahi penyebaran COVID-19 harus tumbuh di masing-masing individu. Jika tidak bisa melakukan isolasi di rumah karena berbagai tuntutan krusial, selayaknya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan physical distancing agar tetap bisa mencegah penularan.

Selain itu, kata Rerie, dibutuhkan keutuhan, serta persatuan dan kesatuan bangsa untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19. Hal itu dapat diwujdukan dengan membantu kelompok masyarakat yang terdampak langsung kondisi pandemi.

"Bila kita memahami nilai-nilai sila Kemanusiaan yang adil beradab, saya kira kendala bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu bisa diatasi bersama," sebut Rerie.

Nilai-nilai Pancasila. lanjut dia, merupakan modal dasar untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa di masa mendatang. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan berbagai upaya guna mempertahankan nilai- nilai Pancasila.

"Berbagai bentuk penyesuaian dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda dan sejumlah lapisan masyarakat harus secara konsisten dilakukan," ujar Rerie.

Menurutnya, pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di ruang publik merupakan satu hal yang penting untuk menjadi teladan bagi masyarakat, terutama generasi muda.

"Sehingga generasi penerus bangsa dengan mudah memahami secara praktis penerapan nilai-nilai Pancasila di kehidupan nyata untuk bekal mereka menghadapi tantangan di masa datang," kata Rerie.

(akn/ega)