Toraja Utara Sulsel Umumkan Kasus Pertama Positif Corona

Muhammad Riyas - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 18:58 WIB
Hand of scientist is holding a test-tube with positive blood test on CORONAVIRUS
Foto ilustrasi Corona: Getty Images/iStockphoto/andriano_cz
Toraja Utara -

Selama beberapa bulan nihil dari kasus Corona, kini pemerintah kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, mengumumkan seorang warganya positif terinfeksi virus Corona (COVID-19). Pasien itu seorang mahasiswa dan tidak memiliki gejala virus Corona.

"Hari ini, pasien positif COVID-19 tersebut langsung dibawa ke Makassar untuk mengikuti program Pemprov Sulsel, yaitu wisata COVID-19 untuk menjalani perawatan lebih lanjut di salah satu hotel di Makassar," ujar Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan kepada wartawan, Minggu (31/5/2020).

Mahasiswa itu berasal dari Kelurahan Tampo Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Toraja Utara. Kalatiku mengatakan mahasiswa yang terkonfirmasi positif itu tidak memiliki gejala apapun sehingga dikategorikan Orang Tanpa Gejala (OTG).

Kalatiku berharap masyarakat Kabupaten Toraja Utara tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat untuk meningkatkan imun tubuh serta tetap selalu menerapkan Protokol Kesehatan. Sebab, itu salah satu cara mencegah diri dari virus Corona.

"Saya harap warga Toraja Utara tetap tenang dan jangan panik, tetap jaga kesehatan, dan terapkan protokol kesehatan yaitu jaga jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan masker keluar rumah dan tidak berkerumun," tuturnya.

Diketahui sebelumnya, pada Kamis (28/5), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Toraja Utara mengirim 6 hasil Rapid Test yang hasilnya reaktif ke Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Dan pada Minggu, 31 Mei 2020, hasil Swab telah keluar, dan dari semua hasil tersebut ada satu orang terkonfirmasi positif COVID-19.

(zap/zap)