Jl Nani Wartabone-Bundaran Saronde Gorontalo Jadi Kawasan Disiplin New Normal

Ajis Khalid - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 18:12 WIB
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.
Wali Kota Gorontalo Marten Taha (Ajis Khalid/detikcom)
Gorontalo -

Wali Kota Gorontalo Marten Taha menetapkan kawasan penegakan disiplin protokol kesehatan kenormalan yang baru atau new normal. Kawasan disiplin protokol kesehatan new normal tersebut dimulai dari Jalan Wartabone, depan rumah dinas (rumdis) Gubernur Gorontalo hingga Bundaran Saronde.

"Kita membuat satu kawasan jalan percontohan. Seperti kalau kita di jalan ada tertulis, 'Anda Memasuki Kawasan Tertib Berlalu Lintas', nah kita tambah, 'Anda Memasuki Kawasan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Dalam Menuju Gorontalo New Life'," kata Marten kepada wartawan Minggu (31/5/2020).

"(Kawasan) itu di antara mulai dari Jalan Nani Wartabone sampai Jalan Panjaitan, mulai dari depan rudis Gubernur sampai di Bundaran Saronde," imbuhnya.

Dia mengatakan warga yang melintasi kawasan tersebut akan dihukum jika tidak mematuhi protokol kesehatan. Namun, menurut Marten, saat ini masih dalam sosialisasi.

"Jadi, saat ini kami masih melakukan penyiapan prakondisi untuk menuju Gorontalo new normal life atau tatanan kehidupan baru di Kota Gorontalo. Kawasan ini kita sudah mulai sejak Kamis (28/5) lalu," ucap Marten.

Marten menekankan, baik pihak pemerintah maupun swasta sama-sama memiliki kewajiban untuk menyiapkan sarana dan prasarana penunjang penerapan new normal. Seperti misalnya, sebut dia, penyediaan tempat mencuci tangan.

"Untuk mal itu wajib menyediakan tempat cuci tangan yang jadi tanggung jawab pihak manajemen mal, pusat perbankan dan kantor swasta, kantor pemerintah, itu kewajiban. Untuk tempat-tempat umum menjadi kewajiban Pemerintah Kota Gorontalo untuk menyiapkan sarana cuci tangan yang representatif," jelasnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2