RS Curup Bengkulu Segera Layani Tes PCR Corona

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 01:13 WIB
Prodia menyediakan pemeriksaan SARS-CoV-2 RNA dengan metode real-time RT-PCR (PCR COVID-19) yang mendeteksi 3 (tiga) target gen sekaligus yaitu Gen E, N, dan RdRP sesuai dengan protokol yang ditetapkan World Health Organization (WHO)
Ilustrasi (Foto: dok. Prodia)
Bengkulu -

Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu segera memiliki laboratorium untuk melakukan tes polymerase chain reaction (PCR) di rumah sakit Curup. Alat uji swab ini diperkirakan bisa melayani 50 spesimen terkait Corona dalam satu hari.

"Peralatan di laboratorium BSL rumah sakit Curup sesuai standar, ditambah didukung dengan tenaga medis yang kompeten memiliki tiga dokter fatologi," ujar Kepala dinas kesehatan provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, Sabtu (30/5/2020).

Herwan mengatakan rumah sakit Curup ini sudah cukup layak dan alat PCR uji swabnya bisa segera dioperasikan. Saat ini pihak rumah sakit menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan.

"Secepatnya kita akan minta surat rekomendasi dari Kemenkes agar PCR uji swab di rumah sakit Curup bisa segera beroperasi dan bisa mendukung kinerja uji swab yang ada di rumah sakit M Yunus Bengkulu," ungkap Herwan kembali.

Sementara itu Bupati kabupaten Rejang Lebong, Ahmad Hijazi mengatakan Laboratorium BSL rumah sakit Curup ini nantinya bisa melakukan uji swab bagi warga. Sehingga bisa membantu uji sampel swab yang selama ini dilakukan keluar provinsi Bengkulu.

"Laboratorium ini sudah kita siapkan jauh hari agar bisa membantu penanganan COVID-19 di Bengkulu, dan kabupaten lain pun bisa memanfaatkan uji swab disini," ujar Ahmad Hijazi.

Selain itu Hijazi mengatakan mulai tanggal 2 Juni nanti akan kembali membuka obyek wisata dan pasar-pasar agar ekonomi kembali berjalan, bahkan pintu perbatasan akan mulai dibuka kembali dan tetap melakukan protokol kesehatan penanganan COVID-19. Diketahui hingga saat ini kabupaten Rejang Lebong masih masuk dalam zona hijau atau nihil COVID-19.

(lir/lir)